Unit Telkom Corporate University Center (TCUC) merupakan salah satu unit operasional yang berada dibawah direktorat HCM PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), Tbk (PT Telkom). Unit ini memiliki program strategis yang berfokus pada pengelolaan knowledge management. Terdapat 9 dari 13 program strategis atau sekitar 69% program knowledge management yang menjadi tanggung jawab Tribe Knowledge Management (TKM) pada unit TCUC yang belum mencapai target. Oleh karena tidak tercapainya program-program tersebut, perlu dilakukan analisis lebih lanjut, salah satunya dengan cara mengukur maturity level dengan metode APO KM assessment tools. Dengan diukurnya maturity level, akan diketahui faktor-faktor dalam implementasi KM pada perusahaan dan melihat peluang perbaikan yang dapat dilakukan. Metode APO KM assessment tools ini mencakup 7 area utama dimulai dari KM Leadership, Process, People, Technology, Knowledge Processes, Learning & Innovation dan KM Outcomes. Masing-masing 7 area utama memiliki 6 buah pertanyaan likert-scale dengan total jumlah pertanyaan sebanyak 42 buah. Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada 84 responden didapatkan bahwa maturity level perusahaan berada di tingkat refinement dengan nilai 171,95 dan diketahui kekuatan beserta peluang perbaikan masing-masing key areas. Kemudian, hasil penelitian dapat diolah serta diteliti untuk dapat merancang usulan perencanaan program strategis KM pada unit TCUC agar pengelolaan dan implementasi knowledge management semakin optimal. Ditemukan beberapa peluang perbaikan yang dapat ditingkatkan agar bisa mengoptimalkan KM yang ada pada perusahaan. Diusulkan program strategis sebagai berikut: (1) Sosialisasi Kebijakan KM, (2) CoP, (3) Knowledge Portal, (4) Knowledge Café, (5) Knowledge Mapping, (6) Knowledge Management Assessment, dan (7) Knowledge Worker Competency Plan.