Seiring perkembangan waktu teknologi selalu berkembang dan semakin canggih. Pada dunia pendidikan
saat ini teknologi sangat dibutuhkan keadaannya, dengan itu terdapat aplikasi yang membantu jalannya
proses pendidikan. Aplikasi XGracias adalah aplikasi pembantu dalam pembelajaran mahasiswa IT
Telkom Surabaya yang memiliki fungsi untuk pengecekan jadwal, melihat nilai, presensi, atau bahkan
TAK. Untuk dapat mengukur tingkat kepuasan pengguna XGracias, kelayakan, dan interface aplikasi
maka dilakukan pengujian untuk user experience menggunakan metode Heuristic Evaluation dan
Quality Function Development. Fungsi dari metode tersebut adalah untuk mengetahui seberapa puas
pengguna dan dapat memberikan rekomendasi prioritas perbaikan dalam menggunakan aplikasi
XGracias. Hasil dari penelitian ini mendapatkan hasil minor usability problem dalam 9 prinsip, dan
prinsip help and documentation mendapat hasil major usability problem. Hasil dari penelitian pada
metode Quality Function Deployment mendapat rekomendasi prioritas untuk perbaikan dengan nilai
presentase 15% yaitu Perekrutan karyawan IT sesuai denan kebutuhan dan Menerima kritik dan saran
terkait system XGracias.
Kata Kunci: Teknologi mobile, Aplikasi XGracias, Heuristic Evaluation, Quality Function
Deployment.