Usability merupakan aspek penting dalam menilai kualitas sebuah
aplikasi. Tingkat usability dapat mempengaruhi keberhasilan sebuah
produk atau layanan serta kemudahan dalam menggunakan
antarmuka aplikasi tersebut. Aplikasi SIAMO merupakan aplikasi
Sistem Informasi Administrasi Manajemen Operasi yang
dikhususkan untuk pihak internal PMI yang meliputi pengurus, staf,
dan relawan, memiliki tanggung jawab dalam mengelola pendaftaran
relawan, meningkatkan kapasitas, menugaskan, dan melindungi
sumber daya manusia (SDM) PMI. Pengukuran usability dilakukan
dengan menggunakan metode Usability Testing dan System Usability
Scale (SUS). Pada metode Usability Testing dilakukan dengan
melakukan task scenario dan wawancara, kemudian untuk metode
System Usability Scale (SUS) dilakukan dengan menggunakan
kuesioner SUS. Objek penelitian ini yaitu KSR PMI Kota Surabaya.
Penelitian dilakukan dimulai dari pengujian awal dengan menilai
tingkat usability dari aplikasi SIAMO yang digunakan sebelum
adanya rekomendasi perbaikan. Kemudian dari hasil pengujian awal
dilakukan perancangan ulang. Pengujian akhir dilakukan untuk
menilai tingkat usability setelah adanya rekomendasi perbaikan.
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai usability aplikasi
SIAMO dan memberikan saran dan masukan bagi PMI dalam
pengembangan aplikasi SIAMO di masa depan. Setelah dilakukan
pengujian awal dan akhir didapatkan tingkat usability pada aspek
Learnability awal yaitu 87,5% kemudian meningkat menjadi 100%.
Aspek Efficiency awal sebesar 326,5 seconds kemudian meningkat
menjadi 102,8 seconds. Aspek Error awal sebesar 89,4% kemudian
meningkat menjadi 1,107%. Dan aspek Satisfaction awal sebesar
65,42 kemudian meningkat menjadi 84,25.
TA/FTIB.08.2023/36 PUT a