ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA EVENT ORGANIZER INDONESIAN ESPORT LEAGUE MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL

BANGKIT JAYA MILLENIONDI

Informasi Dasar

153 kali
ITTS.0823000012
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kepuasan peserta merupakan ukuran paling spesifik dalam menentukan tingkat kenyamanan pelayanan yang diberikan. Baik pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ke individu. Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidakpuasan terhadap Event Organizer (EO) yang menyebabkan keluhan seperti peraturan yang dibuat oleh event organizer yang menguntungkan sebelah pihak, dan kurang maksimal nya peraturan. Oleh karena itu dalam penelitian ini dilakukan Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Sistem Event Organizer Indonesian Esport League dengan pengolahan datanya menggunakan metode fuzzy-Servqual. Pengumpulan datanya sendiri menggunakan google form, dengan penyebaran kuesioner dilakukan di sosial media seperti, whatsapp, instagram. Teknik pengambilan sampel yang digunakan penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, kriteria dalam pengambilan sampel yaitu mahasiswa kampus yang mengikuti event tersebut dalam satu tahun terakhir, penentuan minimum sampel yang digunakan menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan sebesar 5% perhitungan sampel mendapatkan 130 responden yang di butuhkan. Hasil dalam penelitian ini yaitu dimensi yang menempati peringkat pertama adalah dimensi assurance dengan nilai gap – 0.44, kemudian di peringkat kedua dimensi reliability dengan nilai gap -0.50, peringkat ketiga dimensi emphaty dengan nilai gap - 0.68, peringkat keempat ada dimensi tangibles dengan nilai gap -0.72, dan di peringkat kelima yaitu dimensi responsiveness dengan nilai gap -0.97. Hasil tersebut urutan bobot yang utama diberikan perbaikan ialah dimensi, Peringkat pertama dimensi assurance, peringkat kedua dimensi reliability, peringkat ketiga dimensi emphaty, peringkat keempat dimensi tangibles dan diperingkat kelima yaitu dimensi responsiveness. Dengan demikian dimensi yang menjadi prioritas utama dari setiap dimensi untuk diperbaiki adalah dimensi responsiveness yaitu keinginan para panitia untuk membantu para peserta dalam memberikan kualitas sistem suatu pelayanan dengan sigap dan tanggap.

Kata Kunci: Event Organizer, E-sport, Fuzzy-Servqual, Slovin

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA EVENT ORGANIZER INDONESIAN ESPORT LEAGUE MENGGUNAKAN METODE FUZZY SERVQUAL
TA/FTIB.08.2023/46 MIL a
95p
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

BANGKIT JAYA MILLENIONDI
Perorangan
Muhammad Nasrullah. S.Kom., M.Kom., Sri Hidayati, S.Si., M,Stat
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini