Kepuasan peserta merupakan ukuran paling spesifik dalam menentukan tingkat
kenyamanan pelayanan yang diberikan. Baik pelayanan yang diberikan oleh perusahaan ke
individu. Penelitian ini dilakukan karena adanya ketidakpuasan terhadap Event Organizer (EO)
yang menyebabkan keluhan seperti peraturan yang dibuat oleh event organizer yang
menguntungkan sebelah pihak, dan kurang maksimal nya peraturan. Oleh karena itu dalam
penelitian ini dilakukan Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa pada Sistem Event Organizer
Indonesian Esport League dengan pengolahan datanya menggunakan metode fuzzy-Servqual.
Pengumpulan datanya sendiri menggunakan google form, dengan penyebaran kuesioner
dilakukan di sosial media seperti, whatsapp, instagram. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan penelitian ini adalah purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, kriteria dalam
pengambilan sampel yaitu mahasiswa kampus yang mengikuti event tersebut dalam satu tahun
terakhir, penentuan minimum sampel yang digunakan menggunakan rumus slovin dengan
tingkat kesalahan sebesar 5% perhitungan sampel mendapatkan 130 responden yang di
butuhkan. Hasil dalam penelitian ini yaitu dimensi yang menempati peringkat pertama adalah
dimensi assurance dengan nilai gap – 0.44, kemudian di peringkat kedua dimensi reliability
dengan nilai gap -0.50, peringkat ketiga dimensi emphaty dengan nilai gap - 0.68, peringkat
keempat ada dimensi tangibles dengan nilai gap -0.72, dan di peringkat kelima yaitu dimensi
responsiveness dengan nilai gap -0.97. Hasil tersebut urutan bobot yang utama diberikan
perbaikan ialah dimensi, Peringkat pertama dimensi assurance, peringkat kedua dimensi
reliability, peringkat ketiga dimensi emphaty, peringkat keempat dimensi tangibles dan
diperingkat kelima yaitu dimensi responsiveness. Dengan demikian dimensi yang menjadi
prioritas utama dari setiap dimensi untuk diperbaiki adalah dimensi responsiveness yaitu
keinginan para panitia untuk membantu para peserta dalam memberikan kualitas sistem suatu
pelayanan dengan sigap dan tanggap.
Kata Kunci: Event Organizer, E-sport, Fuzzy-Servqual, Slovin