PENERAPAN K-MEANS DALAM STRATEGI DAN PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: MINIMARKET KS. YUDHA)

YUDHA ADITYA PRATAMA

Informasi Dasar

113 kali
ITTS.0923000086
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Customer relationship management (CRM) merupakan pendekatan yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Pendekatan ini berpusat pada peningkatan nilai dan kepuasan pelanggan sebagai faktor utama yang dijadikan acuan. KS. Yudha merupakan toko swalayan yang menyediakan produk berupa barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari yang terletak di Mataram, Lombok. Saat ini, KS. Yudha memiliki sistem penjualan, namun pencatatan data pelanggan dan data transaksi masih dilakukan secara manual. Hal tersebut membuat toko mengalami kesulitan dalam menganalisis karakteristik pelanggan, menentukan jenis promosi, dan membutuhkan tempat lebih untuk menyimpan arsip transaksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Customer relationship management (CRM) berbasis website yang dapat mengelola data pelanggan, mengelola transaksi, dan melakukan segmentasi untuk mengetahui karakteristik pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode clustering dengan model RFM (Recency, Frequency, Monetary), dan algoritma K-means. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan analisis sosial, wawancara, studi literatur, pengumpulan data, analisis sistem, implementasi sistem, implementasi clustering, dan yang terakhir pengujian sistem dan pengujian cluster. Website yang dihasilkan mendukung proses operasional minimarket, khususnya pada pengelolaan data pelanggan, data transaksi, data karyawan dan halaman untuk Frequently Asked Question (FAQ). Penelitian ini menghasilkan 3 cluster dengan karakteristik yang berberbeda. Cluster 1 dengan presentase 32.8%, cluster 2 dengan presentase 39,2%, dan cluster 3 dengan presentase 28%.

Kata Kunci: CRM; Clustering; RFM; K-means; Website

Subjek

SISTEM INFORMASI
TA

Katalog

PENERAPAN K-MEANS DALAM STRATEGI DAN PENGEMBANGAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS: MINIMARKET KS. YUDHA)
TA/FTIB.08.2023/74 PRA p
88p
INDONESIA

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

YUDHA ADITYA PRATAMA
Perorangan
Hawwin Mardhiana, S.Kom., M.Kom., Tita Ayu Rospricilia, S. Kom., M. Kom.
INDONESIA

Penerbit

TEL-U Surabaya
Surabaya
2023

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini