Customer relationship management (CRM) merupakan pendekatan yang bertujuan untuk membangun dan memelihara hubungan antara perusahaan dan pelanggan. Pendekatan ini berpusat pada peningkatan nilai dan kepuasan pelanggan sebagai faktor utama yang dijadikan acuan. KS. Yudha merupakan toko swalayan yang menyediakan produk berupa barang yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari yang terletak di Mataram, Lombok. Saat ini, KS. Yudha memiliki sistem penjualan, namun pencatatan data pelanggan dan data transaksi masih dilakukan secara manual. Hal tersebut membuat toko mengalami kesulitan dalam menganalisis karakteristik pelanggan, menentukan jenis promosi, dan membutuhkan tempat lebih untuk menyimpan arsip transaksi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi Customer relationship management (CRM) berbasis website yang dapat mengelola data pelanggan, mengelola transaksi, dan melakukan segmentasi untuk mengetahui karakteristik pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode clustering dengan model RFM (Recency, Frequency, Monetary), dan algoritma K-means. Metode yang digunakan pada penelitian ini dimulai dengan analisis sosial, wawancara, studi literatur, pengumpulan data, analisis sistem, implementasi sistem, implementasi clustering, dan yang terakhir pengujian sistem dan pengujian cluster. Website yang dihasilkan mendukung proses operasional minimarket, khususnya pada pengelolaan data pelanggan, data transaksi, data karyawan dan halaman untuk Frequently Asked Question (FAQ). Penelitian ini menghasilkan 3 cluster dengan karakteristik yang berberbeda. Cluster 1 dengan presentase 32.8%, cluster 2 dengan presentase 39,2%, dan cluster 3 dengan presentase 28%.
Kata Kunci: CRM; Clustering; RFM; K-means; Website