Kemudahan mendapatkan informasi dalam perusahaan pelayanan jasa merupakan
hal yang sangat penting. Dengan kemudahan mendapatkan informasi layanan jasa
perusahaan yang tersedia maka akan membantu proses bisnis perusahaan. Dalam proses
bisnisnya PT INPES memiliki masalah dalam memberikan informasi terkait layanan apa
saja yang tersedia dan apa saja persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon klien dalam
pengajuan kerja sama. Akibat permasalahan yang timbul tersebut membuat proses bisnis
di PT INPES sulit untuk berkembang. Tujuan penelitian ini sendiri adalah untuk
merancang dan mengembangkan sistem informasi berbasis website menggunakan metode
pengembangan prototyping yang dimana hasilnya dapat untuk memfasilitasi calon
konsumen agar memperoleh informasi terkait layanan yang tersedia dan melacak status
pesanan. Bagi PT INPES akan mendapatkan kemudahan informasi dalam hal pengelolaan
layanan yang sedang berjalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif untuk
mendapatkan informasi dan mengelolanya, lalu mengimplementasikan sistem informasi
menggunakan teknologi web dan metode prototyping. Dalam proses pengembanganya
akan melalui beberapa proses seperti tahap Communication, Quick Plan, Modeling Quick
Design, Construction of Prototype, and Deployment Delivery & Feedback. Tetapi juga
akan dibuat Unified Modeling Language (UML) dan Entity Relationship Diagram (ERD).
Perangkat lunak yang akan digunakan dalam proses pengembangan sistem antara lain
bahasa pemrograman php, html, css, database MySQL, dan framework laravel serta
bootstrap. Proses pengujian pada sistem akan dilakukan 2 kali selama 1 bulan
menggunakan black-box testing. Pengujian pertama digunakan untuk menguji fitur yang
telah dibuat, dan pengujian kedua digunakan untuk mendapatkan informasi hasil manfaat
implementasi kepada PT INPES dari sistem yang sudah dibuat. Hasil dari penelitian ini
adalah sistem informasi pemesanan layanan jasa online berbasis website dan dashboard
pengelolaan pesanan untuk staf admin dan klien PT INPES. Yang memiliki fitur untuk
memesan layanan, melacak status layanan, memberikan testimoni, dan mencetak
informasi riwayat layanan.
Kata Kunci: Sistem Informasi Perusahaan, Metode Prototyping, Layanan Jasa,
Black-box Testing, Pendekatan Deskriptif.