Kesehatan mata merupakan aspek penting dalam kehidupan manusia. Rumah
Sakit Mata Masyarakat (RSMM) Surabaya merupakan salah satu fasilitas
kesehatan mata terbesar di Jawa Timur yang menjadi pusat rujukan terbaik di
wilayah tersebut. Hal ini mendorong RSMM Jawa Timur untuk terus
meningkatkan pelayanan dan mengurangi kesalahan. Oleh karena itu, kontinuitas
perbaikan atau continuous improvement sangatlah penting untuk dilakukan.
Perbaikan ini tidak hanya berfokus pada aspek bisnis, tetapi juga pada aspek
operasional dan proses pelayanan rumah sakit. Saat ini, RSMM Jawa Timur
sedang mengalami beberapa permasalahan dalam aspek operasional dan proses
pelayanannya, salah satunya adalah ketidakefektifan pendaftaran pasien secara
online. Ketidakefektifan ini mengakibatkan banyak pasien memilih mendaftar
secara offline dan menyebabkan antrean panjang. Penelitian ini menggunakan
metode kualitatif jenis studi kasus untuk merancang blueprint IT dengan
menggunakan enterprise architecture melalui pendekatan The Open Group
Architecture Framework (TOGAF) Architecture Development Method (ADM)
versi 9.2. Tahapan perencanaan penelitian ini berfokus pada tahap preliminary
phase, Phase A: Architecture Vision, Phase B: Business Architecture, Phase C:
Information System Architecture, Phase D: Technology Architecture dan Phase E:
Opportunities and Solutions. Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan
blueprint IT secara jelas dan sistematis dalam layanan pendaftaran pasien online
di RSMM Jawa Timur, dengan harapan dapat mengatasi permasalahan yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan enterprise architecture
yang menghasilkan perencanaan blueprint IT, RSMM Jawa Timur dapat
meningkatkan efektivitas layanan pendaftaran pasien secara online.
Kata kunci: blueprint IT, enterprise architecture, metode kualitatif, pendaftaran
pasien secara online, RSMM Jawa Timur, studi kasus, TOGAF ADM 9.2