Penerapan Manajemen Perubahan Menggunakan ADKAR Model Pada Penggunaan Fingerprint Sebagai Sistem Absensi (Studi Kasus : Islamic School Khulafaur Rasyidin)

Maziyatul Ilma Salsabila

Informasi Dasar

24.04.1054
001
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Sistem kehadiran merupakan salah satu sistem yang digunakan pada beberapa organisasi dengan tujuan dapat merekam data kehadiran karyawan. Lembaga Islamic School Khulafaur Rasyidin merupakan salah satu lembaga yang terdaftar pada program sekolah penggerak dimana pada program tersebut terdapat kurikulum yang bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMENDIKBUD RISTEK). Ada 5 intervensi holistik yang perlu diterapkan pada lembaga yang termasuk pada program sekolah penggerak yakni pendekatan konsultatif, pembelajaran berbekal paradigma, perencanaan basis data, penguatan SDM, dan digitalisasi sekolah. Pada tahapan yang terakhir yakni digitalisasi sekolah, lembaga ini menerapkan beberapa teknologi informasi seperti e-raport, sistem administrasi, dan fingerprint. Pada penelitian ini fokus utamanya pada perangkat fingerprint, dikarenakan dapat membantu proses pencatatan kehadiran siswa yang awal nya manual menjadi digital selain itu juga memperkenalkan teknologi informasi pada siswa usia dini. Sesuai hasil observasi, mendapatkan salah satu permasalahan yakni sejak tahun 2021 lembaga ini tidak menggunakan sistem tersebut dikarenakan ada beberapa hal yang menjadi kendala. Sebagai salah satu lembaga yang masuk pada program sekolah penggerak, lembaga ini memerlukan manajemen perubahan dalam mendukung perubahan teknologi informasi yang ada. Perubahan organisasi menurut permasalahan diatas dapat dilakukan dengan penerapan model Awareness, Desire, Knowledge, Ability, and Reinforcement (ADKAR) yang didukung oleh data kualitatif melalui observasi dan wawancara. Metode ini juga komprehensif dalam memahami dan mengelola perubahan individu. Luaran dari penelitian ini berupa dokumen roadmap yang nantinya akan divalidasi pada objek yang dituju dengan harapan dapat mengetahui dampak perubahan pada penerapan teknologi informasi berupa fingerprint di Islamic School Khulafaur Rasyidin. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa roadmap manajemen perubahan menggunakan ADKAR model yang mana pada setiap elemennya menghasilkan beberapa strategi manajemen perubahan. Pada elemen awareness terdapat 2 strategi, pada elemen desire terdapat 2 strategi, pada elemen knowledge terdapat 1 strategi, pada elemen ability terdapat 1 strategi dan pada elemen reinforcement terdapat 2 strategi.

Kata Kunci: ADKAR, Sistem Kehadiran, Manajemen Perubahan SI/TI

Subjek

SISTEM INFORMASI
 

Katalog

Penerapan Manajemen Perubahan Menggunakan ADKAR Model Pada Penggunaan Fingerprint Sebagai Sistem Absensi (Studi Kasus : Islamic School Khulafaur Rasyidin)
TA/FRI.08.2024/118 SAL p
168
indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 1.000
Tidak

Pengarang

Maziyatul Ilma Salsabila
Perorangan
Riza Akhsani Setyo P., S.Kom.,M.MT., Aris Kusumawati, S.Kom., M.Kom.
 

Penerbit

Tel-U Surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini