UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) memiliki peran yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi negara. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UMKM, kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Sonokana Bakery adalah sebuah UMKM yang menjual berbagai macam jenis roti dan donat yang terinspirasi dari butter cookies khas Jepang. Permasalahan yang dihadapi Sonokana Bakery tersebut adalah kurang dikenalnya produk oleh pelajar dan mahasiswa, belum adanya identitas visual pada desain kemasan produk Sonokana Bakery, dan kurang menariknya kemasan produk Sonokana Bakery dibandingkan dengan proyek sejenis. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui pendekatan kualitatif berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur, serta metode analisis visual, analisis matriks SWOT, dan analisis matriks, dengan tujuan untuk meningkatkan daya jual produk dan target sasaran Sonokana Bakery melalui desain kemasan yang lebih menarik, memiliki identitas visual dan menunjukkan informasi yang lengkap. Dengan adanya desain kemasan yang baik, diharapkan para konsumen akan percaya dengan kualitas produk Sonokana Bakery dan meningkatkan kualitas merek dan nilai jual produk Sonokana Bakery agar dapat bersaing dengan kompetitor lainnya dan mendapatkan target pasar yang lebih luas lagi.
Kata kunci: Desain Kemasan, UMKM, Sonokana Bakery