KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PRODUKSI KONTEN “KAMUS POLITIK” TIKTOK @CNNINDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NAZHEA RACHEL AINAYYA ANHAR

Informasi Dasar

191 kali
24.04.1470
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perancangan karya ini dilatar belakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat dalam beberapa tahun terakhir menjadikan komunikasi digital elemen tak terpisahkan dalam berbagai aspek kehidupan. Banyak media berita politik kini menggunakan media sosial untuk melakukan komunikasi digital, namun kurangnya minat dan pengetahuan remaja dewasa muda terhadap keadaan politik saat ini. Untuk mengatasi masalah ini PT Trans News Corpora atau CNN Indonesia mengambil langkah strategis dengan membuat program “Kamus Politik” di akun media sosial CNN Indonesia seperti TikTok, Instagram dan Youtube selama 4 bulan terhitung sejak September – Desember 2023. Tujuan dilakukannya perancangan karya ini adalah untuk mengetahui komunikasi digital dalam produksi konten “Kamus Politik” CNN Indonesia. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam perancangan karya ini adalah komunikasi digital, komunikasi politik, media sosial, TikTok, dan konten kreatif. Perancangan karya ini juga menggunakan metode observasi dengan memantau tren yang berkaitan dengan politik di berbagai platform media sosial, dan juga penelusuran online dengan melakukan pencarian tentang keadaan politik di Indonesia. Karya ini diharapkan dapat menambah pemahaman masyarakat mengenai komunikasi digital dan strategi kreatif dalam menciptakan konten poltik di media sosial.  Berdasarkan perancangan karya yang dilakukan, hasil perancangan karya ini menunjukkan bahwa perancangan video Kamus Politik bertema pemilu merupakan implementasi teori komunikasi digital melalui video dengan menyebarkan informasi terkait pemilu 2024 seperti debat capres-cawapres dan daftar partai peserta. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kamus Politik berhasil menciptakan komunikasi digital dengan pembahasan politik yang efektif pada aplikasi TikTok. Hal ini juga berdampak pada brand awareness dan kenaikan engagement akun TikTok CNN Indonesia. Melalui 15 video, termasuk serial dan non-serial, konten ini berhasil menjangkau audiens muda, terutama generasi Z.

Kata kunci: Komunikasi Digital, Komunikasi Politik, Media Sosial, TikTok, Konten Kreatif.

Subjek

KOMUNIKASI DIGITAL
 

Katalog

KOMUNIKASI DIGITAL DALAM PRODUKSI KONTEN “KAMUS POLITIK” TIKTOK @CNNINDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NAZHEA RACHEL AINAYYA ANHAR
Perorangan
Pradipta Dirgantara
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KII4D4 - KOMUNIKASI POLITIK
  • SK523023 - KONVERGENSI KOMUNIKASI DIGITAL
  • KII3F3 - PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini