Dalam era digital saat ini, aplikasi DLU Ferry memegang peran penting dalam
memberikan layanan kepada pengguna. Pengguna dapat menjelajahi rute kapal
yang tersedia, memilih waktu yang diinginkan dan membeli tiket. Namun,
tantangannya adalah bagaimana menciptakan pengalaman pengguna yang baik
dan mudah digunakan. Aplikasi DLU Ferry telah diunduh sebanyak 500.000 kali
di Google Play. Mendapat 3,95 ribu ulasan dan total rating 2,9. Sejumlah besar
pengguna memberikan penilaian bintang 1, dalam skala 1 - 5. Hal ini
menunjukkan bahwa pengalaman pengguna kurang memuaskan. Berdasarkan
fenomena tersebut, penulis melakukan verifikasi dengan melakukan evaluasi
pengalaman pengguna menggunakan metode UX Honeycomb. Menurut Peter
Morville, UX Honeycomb dapat membantu dalam mengidentifikasi aspek-aspek
yang penting untuk dipenuhi dalam desain pengalaman pengguna. Hasil dari
evaluasi pengalaman pengguna tersebut, menunjukkan bahwa aspek usable
dengan indikator pertanyaan yang berkaitan dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa
petunjuk mendapatkan nilai 2,93 yang termasuk dalam kategori cukup dan aspek
desirable terutama pada indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan
antarmuka pengguna mendapatkan nilai 2.70, termasuk dalam kategori cukup.
Oleh karena itu, perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry diperlukan. Dalam
proses perancangan ulang digunakan metode Human-Centered Design (HCD).
HCD melibatkan tahapan seperti pemahaman mendalam tentang konteks dan
kebutuhan pengguna, merancang solusi yang berfokus pada manusia dari konsep
dasar hingga desain final dan evaluasi desain. Hasil dari perancangan ulang
merupakan prototipe yang akan diuji dan dievaluasi kembali dalam hal
pengalaman pengguna dan usability dengan menggunakan UX Honeycomb dan
Think Aloud. Setelah dilakukan perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry
didapatkan hasil, pada aspek usable dengan indikator pertanyaan yang berkaitan
dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa petunjuk mendapatkan nilai mean 3.50.
Pada aspek desirable indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan
antarmuka pengguna mendapatkan nilai mean 3.47 termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Aplikasi DLU Ferry, User Interface, User Experience, UX
Honeycomb, Human-Centered Design.
Dalam era digital saat ini, aplikasi DLU Ferry memegang peran penting dalam
memberikan layanan kepada pengguna. Pengguna dapat menjelajahi rute kapal
yang tersedia, memilih waktu yang diinginkan dan membeli tiket. Namun,
tantangannya adalah bagaimana menciptakan pengalaman pengguna yang baik
dan mudah digunakan. Aplikasi DLU Ferry telah diunduh sebanyak 500.000 kali
di Google Play. Mendapat 3,95 ribu ulasan dan total rating 2,9. Sejumlah besar
pengguna memberikan penilaian bintang 1, dalam skala 1 - 5. Hal ini
menunjukkan bahwa pengalaman pengguna kurang memuaskan. Berdasarkan
fenomena tersebut, penulis melakukan verifikasi dengan melakukan evaluasi
pengalaman pengguna menggunakan metode UX Honeycomb. Menurut Peter
Morville, UX Honeycomb dapat membantu dalam mengidentifikasi aspek-aspek
yang penting untuk dipenuhi dalam desain pengalaman pengguna. Hasil dari
evaluasi pengalaman pengguna tersebut, menunjukkan bahwa aspek usable
dengan indikator pertanyaan yang berkaitan dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa
petunjuk mendapatkan nilai 2,93 yang termasuk dalam kategori cukup dan aspek
desirable terutama pada indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan
antarmuka pengguna mendapatkan nilai 2.70, termasuk dalam kategori cukup.
Oleh karena itu, perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry diperlukan. Dalam
proses perancangan ulang digunakan metode Human-Centered Design (HCD).
HCD melibatkan tahapan seperti pemahaman mendalam tentang konteks dan
kebutuhan pengguna, merancang solusi yang berfokus pada manusia dari konsep
dasar hingga desain final dan evaluasi desain. Hasil dari perancangan ulang
merupakan prototipe yang akan diuji dan dievaluasi kembali dalam hal
pengalaman pengguna dan usability dengan menggunakan UX Honeycomb dan
Think Aloud. Setelah dilakukan perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry
didapatkan hasil, pada aspek usable dengan indikator pertanyaan yang berkaitan
dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa petunjuk mendapatkan nilai mean 3.50.
Pada aspek desirable indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan
antarmuka pengguna mendapatkan nilai mean 3.47 termasuk dalam kategori baik.
Kata Kunci: Aplikasi DLU Ferry, User Interface, User Experience, UX
Honeycomb, Human-Centered Design.