EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI DLU FERRY MENGGUNAKAN METODE UX HONEYCOMB DAN HUMAN CENTERED DESIGN - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AHMAD ZHILAL FANANI

Informasi Dasar

273 kali
24.04.1580
005.437
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Dalam era digital saat ini, aplikasi DLU Ferry memegang peran penting dalam

memberikan layanan kepada pengguna. Pengguna dapat menjelajahi rute kapal

yang tersedia, memilih waktu yang diinginkan dan membeli tiket. Namun,

tantangannya adalah bagaimana menciptakan pengalaman pengguna yang baik

dan mudah digunakan. Aplikasi DLU Ferry telah diunduh sebanyak 500.000 kali

di Google Play. Mendapat 3,95 ribu ulasan dan total rating 2,9. Sejumlah besar

pengguna memberikan penilaian bintang 1, dalam skala 1 - 5. Hal ini

menunjukkan bahwa pengalaman pengguna kurang memuaskan. Berdasarkan

fenomena tersebut, penulis melakukan verifikasi dengan melakukan evaluasi

pengalaman pengguna menggunakan metode UX Honeycomb. Menurut Peter

Morville, UX Honeycomb dapat membantu dalam mengidentifikasi aspek-aspek

yang penting untuk dipenuhi dalam desain pengalaman pengguna. Hasil dari

evaluasi pengalaman pengguna tersebut, menunjukkan bahwa aspek usable

dengan indikator pertanyaan yang berkaitan dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa

petunjuk mendapatkan nilai 2,93 yang termasuk dalam kategori cukup dan aspek

desirable terutama pada indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan

antarmuka pengguna mendapatkan nilai 2.70, termasuk dalam kategori cukup.

Oleh karena itu, perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry diperlukan. Dalam

proses perancangan ulang digunakan metode Human-Centered Design (HCD).

HCD melibatkan tahapan seperti pemahaman mendalam tentang konteks dan

kebutuhan pengguna, merancang solusi yang berfokus pada manusia dari konsep

dasar hingga desain final dan evaluasi desain. Hasil dari perancangan ulang

merupakan prototipe yang akan diuji dan dievaluasi kembali dalam hal

pengalaman pengguna dan usability dengan menggunakan UX Honeycomb dan

Think Aloud. Setelah dilakukan perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry

didapatkan hasil, pada aspek usable dengan indikator pertanyaan yang berkaitan

dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa petunjuk mendapatkan nilai mean 3.50.

Pada aspek desirable indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan

antarmuka pengguna mendapatkan nilai mean 3.47 termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Aplikasi DLU Ferry, User Interface, User Experience, UX

Honeycomb, Human-Centered Design.
Dalam era digital saat ini, aplikasi DLU Ferry memegang peran penting dalam

memberikan layanan kepada pengguna. Pengguna dapat menjelajahi rute kapal

yang tersedia, memilih waktu yang diinginkan dan membeli tiket. Namun,

tantangannya adalah bagaimana menciptakan pengalaman pengguna yang baik

dan mudah digunakan. Aplikasi DLU Ferry telah diunduh sebanyak 500.000 kali

di Google Play. Mendapat 3,95 ribu ulasan dan total rating 2,9. Sejumlah besar

pengguna memberikan penilaian bintang 1, dalam skala 1 - 5. Hal ini

menunjukkan bahwa pengalaman pengguna kurang memuaskan. Berdasarkan

fenomena tersebut, penulis melakukan verifikasi dengan melakukan evaluasi

pengalaman pengguna menggunakan metode UX Honeycomb. Menurut Peter

Morville, UX Honeycomb dapat membantu dalam mengidentifikasi aspek-aspek

yang penting untuk dipenuhi dalam desain pengalaman pengguna. Hasil dari

evaluasi pengalaman pengguna tersebut, menunjukkan bahwa aspek usable

dengan indikator pertanyaan yang berkaitan dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa

petunjuk mendapatkan nilai 2,93 yang termasuk dalam kategori cukup dan aspek

desirable terutama pada indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan

antarmuka pengguna mendapatkan nilai 2.70, termasuk dalam kategori cukup.

Oleh karena itu, perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry diperlukan. Dalam

proses perancangan ulang digunakan metode Human-Centered Design (HCD).

HCD melibatkan tahapan seperti pemahaman mendalam tentang konteks dan

kebutuhan pengguna, merancang solusi yang berfokus pada manusia dari konsep

dasar hingga desain final dan evaluasi desain. Hasil dari perancangan ulang

merupakan prototipe yang akan diuji dan dievaluasi kembali dalam hal

pengalaman pengguna dan usability dengan menggunakan UX Honeycomb dan

Think Aloud. Setelah dilakukan perancangan ulang pada aplikasi DLU Ferry

didapatkan hasil, pada aspek usable dengan indikator pertanyaan yang berkaitan

dengan aplikasi bisa dijalankan tanpa petunjuk mendapatkan nilai mean 3.50.

Pada aspek desirable indikator pertanyaan yang berkaitan dengan tampilan

antarmuka pengguna mendapatkan nilai mean 3.47 termasuk dalam kategori baik.

Kata Kunci: Aplikasi DLU Ferry, User Interface, User Experience, UX

Honeycomb, Human-Centered Design.

Subjek

Human computer interaction
 

Katalog

EVALUASI DAN PERANCANGAN ULANG UI/UX APLIKASI DLU FERRY MENGGUNAKAN METODE UX HONEYCOMB DAN HUMAN CENTERED DESIGN - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AHMAD ZHILAL FANANI
Perorangan
Ully Asfari, Rosyid Abdillah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi Kampus surabaya
Surabaya
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ISI2H3 - PERANCANGAN INTERAKSI

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini