Analisa Layanan pada Aplikasi Kesehatan dengan Framework ITIL V3 Domain Service Operation dan Standar SKM (Studi Kasus: Puskesmas Klampis) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ASTARI SHOFAATUL AZHAR

Informasi Dasar

283 kali
24.04.1597
005.268
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Kementerian Kesehatan sudah melakukan transformasi digitalisasi kesehatan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencatatan dan pelaporan dipuskesmas. Saat ini puskesmas sudah menerapkan penggunaan aplikasi-aplikasi layanan yang sudah terpusat. Tetapi layanan penggunaan aplikasi pada Puskesmas Klampis belum maksimal, banyaknya aplikasi yang harus digunakan tetapi kurangnya integrasi dapat mengakibatkan tidak efisien dan kesalahan saat manajemen data. Hal ini dapat mempengaruhi pelayanan pada Puskesmas Klampis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis layanan penggunaan aplikasi-aplikasi yang ada pada Puskesmas Klampis untuk meminimalisir kendala, meningkatkan pelayanan untuk mencapai visi & misi puskesmas dan Peraturan Kementerian Kesehatan Permenkes. Maka dari itu keluaran penelitian ini mengimplementasikan Information Technology Infrastructure Library (ITIL) versi 3 dengan domain service operation dan analisis standar Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) yang sudah diuji oleh Puskesmas Klampis dalam bentuk rekomendasi perbaikan pada layanan yang telah di validasi oleh Dinas Kesehatan Bangkalan dan Kepala Puskesmas Klampis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil persentase variabel event management 74,5%, incident management 75,5%, request fulfillment 74,5%, problem management 79%, dan access management 79% yang berarti jawaban responden “setuju” terhadap layanan aplikasi kesehatan. Meskipun demikian, pada variabel event management dan request fulfillment memerlukan rekomendasi perbaikan, dan hasil analisa SKM mendapatkan indeks A yang berarti kualitas pelayanan Puskesmas Klampis sangat baik. Hasil rekomendasi analisa yang sudah diverifikasi dan divalidasi agar mengetahui posisi penilaian, permasalahan dan bisa diperbaiki jika tidak sesuai dengan tujuan penggunaan aplikasi.

Kata Kunci: Dashboard, ITIL V3, Layanan Aplikasi, Puskesmas, Survei Kepuasan Pengguna (SKM)


 

Subjek

SERVICE MANAGEMENT
 

Katalog

Analisa Layanan pada Aplikasi Kesehatan dengan Framework ITIL V3 Domain Service Operation dan Standar SKM (Studi Kasus: Puskesmas Klampis) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTARI SHOFAATUL AZHAR
Perorangan
Riza Akhsani Setyo Prayoga, Muhammad Ilham Alhari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • ISH3L3 - MANAJEMEN LAYANAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini