ANALISIS PREFERENSI PENGGUNAAN E-WALLET UNTUK BERBELANJA DI MARKETPLACE (Studi Kasus Pada E-Wallet ShopeePay, Gopay, OVO, dan Dana) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NI KOMANG DEVI PRADNYADEWI

Informasi Dasar

337 kali
24.04.1911
658.8342
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pesatnya perkembangan teknologi telah merubah cara konsumen dalam melakukan transaksi keuangan salah satunya yaitu layanan pembayaran digital. Disisi lain, perkembangan teknologi saat ini diikuti adanya konektivitas internet menjadi pendorong munculnya trend belanja online. Hal tersebut membuat perubahan pada perilaku belanja konsumen dari offline menjadi online. Banyak perusahaan yang menawarkan kemudahan belanja online salah satunya dengan menyediakan metode pembayaran e-wallet. Dengan demikian, konsumen semakin dihadapkan oleh berbagai pelayanan yang diberikan oleh masing-masing perusahaan penyedia layanan e-wallet, sehingga konsumen lebih selektif dalam memilih. Seiring dengan meningkatnya jumlah transaksi pada layanan dompet digital di Indonesia, mendorong terjadinya persaingan yang kompetitif diantara ShopeePay, Gopay, OVO, dan Dana. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemetaan dan peta persaingan masing-masing e-wallet di Indonesia yaitu ShopeePay, Gopay, Dana dan OVO untuk berbelanja di marketplace berdasarkan persepsi konsumen dan mengetahui perusahaan e-wallet mana yang paling unggul pada setiap dimensi dalam memilih e-wallet untuk berbelanja di marketplace.  Studi ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner online pada 250 pengguna layanan e-wallet dari ShopeePay, Gopay, OVO, dan Dana. Sampel yang digunakan sebanyak 250 responden, dilakukan dengan menggunakan penskalaan multidimensi (multidimensional scaling – MDS). Dimensi yang digunakan mencakup perceived ease of use, perceived usefulness, perceived trust, performance expectancy, perceived convenience, perceived security, promotional benefit, faciliting condition, habit, transparency, dan price value. Analisis MDS menunjukkan bahwa pada gambar visual spatial map diketahui jika dimensi satu merupakan layanan kemudian dimensi dua ialah produk. Setiap atribut yang digunakan menghasilkan pemetaan yang beragam pada setiap merek. Berdasarkan seluruh dimensi, masing-masing perusahaan e-wallet terbagi menjadi dua kuadran yaitu kuadran II dan IV. ShopeePay, Gopay, dan Dana berada dalam kuadran II, sedangkan OVO berada pada kuadran IV. Hal tersebut menandakan bahwa ShopeePay, Gopay, dan OVO dipersepsikan memiliki banyak kesamaan pada indikatornya sehingga persaingan diantara ketiganya terlihat kompetitif OVO dipersepsikan paling unggul pada tujuh dimensi dari kesebelas dimensi yang digunakan pada penelitian ini. Kata Kunci: Preferensi konsumen, Multidimensional Scaling, e-wallet, marketplace.

Subjek

MARKETING STRATEGY
 

Katalog

ANALISIS PREFERENSI PENGGUNAAN E-WALLET UNTUK BERBELANJA DI MARKETPLACE (Studi Kasus Pada E-Wallet ShopeePay, Gopay, OVO, dan Dana) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xviii.; 161p.: ill; pdf file
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NI KOMANG DEVI PRADNYADEWI
Perorangan
Akhmad Yunani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini