FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERNALISASI BUDAYA AKHLAK DI PT TELEKOMUNIKASI SELULAR - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NATASHA FABIOLA SINAGA

Informasi Dasar

213 kali
24.05.291
331.110 68
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Budaya organisasi memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan. PT Telekomunikasi Selular menjadikan AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai budaya organisasi. Budaya AKHLAK ini tentunya membutuhkan proses internalisasi sehingga dapat dipahami oleh seluruh anggota organisasi.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi internalisasi budaya AKHLAK di PT Telekomunikasi Selular. Aspek-aspek yang diteliti mencakup kelompok kerja, gaya kepemimpinan, karakteristik organisasi, dan informasi serta pengaruhnya terhadap internalisasi budaya AKHLAH di PT Telekomunikasi Selular. Internalisasi dari budaya AKHLAK ini diteliti dengan melihat aspek misi dan strategi, kepemimpinan dan efektivitas manajemen, bisnis dan intervensi organisasi kinerja, dan kesiapan perubahan.

Fenomena dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif serta menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis Partial Least Square (PLS). Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 272 orang sampel penelitian dari total populasi 760 orang. Teknik sampling penelitian ini adalah probability sampling dengan model cluster sampling.

Aspek kelompok kerja meliputi komitmen dan perilaku, sedangkan untuk aspek gaya kepemimpinan mencakup diktatoral, militeralistis, paternalistis, laissez faire, serta demokratis. Untuk aspek karakteristik organisasi terdiri dari wilayah kerja dan struktur organisasi, dan aspek informasi meliputi saluran komunikasi dan jalur komunikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok kerja, gaya kepemimpinan, karakteristik organisasi, dan informasi berpengaruh positif terhadap internalisasi budaya AKHLAK di PT Telekomunikasi Selular dengan faktor pengaruh terbesar dari sisi informasi. Hasil ini diharapkan dapat dijadikan PT Telekomunikasi Selular untuk meningkatkan internalisasi budaya AKHLAK sebagai budaya organisasi.

 

Kata Kunci: Budaya Organisasi, AKHLAK, BUMN, Structural Equation Modelling (SEM), Partial Least Square (PLS), Telekomunikasi Selular, Kelompok Kerja, Gaya Kepemimpinan, Karakteristik Organisasi, Informasi, Internalisasi.

Subjek

MANAJEMEN
 

Katalog

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INTERNALISASI BUDAYA AKHLAK DI PT TELEKOMUNIKASI SELULAR - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NATASHA FABIOLA SINAGA
Perorangan
Ratri Wahyuningtyas
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • MMFA13 - MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini