Penjualan adalah aktivitas operasional yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh keuntungan, yang digunakan untuk menutup biaya operasional. Persaingan bisnis yang semakin kompetitif mengharuskan setiap perusahaan untuk mempersiapkan strategi yang efektif dan efisien agar dapat bertahan serta menjalankan aktivitas operasionalnya dengan lancar. Oleh karena itu, keuntungan dan kerugian yang diperoleh dari penjualan sangat mempengaruhi aktivitas operasional perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan pengaruh dari biaya promosi, biaya distribusi, dan biaya produksi terhadap penjualan pada perusahaan manufaktur sub sektor food and beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2018-2022. Populasi yang ada pada penelitian ini berjumlah 50 perusahaan dan diambil 21 perusahaan sebagai sampel sesuai dengan kriteria penelitian. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi data panel dengan menggunakan software Eviews 12. Temuan penelitian ini menunjukkan biaya promosi, biaya distribusi, dan biaya produksi secara simultan berpengaruh terhadap penjualan sedangkan secara parsial biaya promosi dan biaya produksi memiliki pengaruh positif terhadap penjualan sedangkan biaya distribusi tidak memiliki pengaruh terhadap penjualan