Organisasi yang inovatif akan lebih sukses dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat. Keunggulan kompetitif adalah kemampuan suatu organisasi untuk menjadi yang terbaik di industrinya. Dengan perubahan lingkungan bisnis yang semakin dinamis dan persaingan yang semakin ketat, organisasi bisnis perlu melakukan inovasi dan adaptasi secara berkelanjutan. Inovasi dan kualitas produk adalah strategi perusahaan untuk mencegah kebosanan dan mempertahankan kepuasan pelanggan (Erniati, et al., 2021). Perusahaan harus terus berinovasi dan berkreasi untuk menawarkan produk yang unggul dari produk lain dan mempertahankan posisinya di pasar. Selain inovasi produk, kualitas produk juga penting untuk keunggulan bersaing perusahaan. Mutu produk perlu diperhatikan agar tidak mengecewakan konsumen. Mutu produk berdampak langsung terhadap kinerja produk atau jasa.
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi dampak Inovasi Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Pancake Fluffy Japanese di Kota Cirebon. Metodologi penelitian ini menggunakan pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan kuesioner online (Google-form) yang disebar melalui media sosial. Analisis regresi akan digunakan untuk menguji hubungan antara variabel tersebut. Data yang digunakan adalah data primer. Seluruh konsumen yang mengetahui dan sudah mencoba Pancake Fluffy Japanese di Kota Cirebon menjadi populasi dalam penelitian ini. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 200 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu metode purposive (judgement sampling). Teknik yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, Dalam menjelajahi peran dan dampak inovasi produk, penelitian ini menerapkan metode Structural Equation Modeling (SEM) melalui aplikasi Smart PLS untuk menganalisis data survei yang telah terkumpul.
Hasil penelitian Inovasi produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Pancake Fluffy Japanese di Kota Cirebon. Hal ini menggambarkan bahwa inovasi produk bukan hanya meningkat daya tarik produk, tetapi juga memperkuat posisi Pancake Fluffy Japanese dalam persaingan dengan produk lainnya. Kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keunggulan bersaing pada UMKM Pancake Fluffy Japanese di Kota Cirebon. Itu membuktikan bahwasanya kualitas produk berperan besar pada penguatan posisi Pancake Fluffy Japanese dibandingkan kuliner lainnya. Implikasi praktis dari penelitian ini dapat membantu pengusaha Pancake Fluffy Japanese dan sejenisnya dalam mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dengan memahami persepsi konsumen terhadap inovasi produk dan kualitas produk. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memberikan kontribusi pada literatur akademis tetapi juga dapat memberikan manfaat kualitas produk dan keunggulan bersaing bagi pelaku bisnis UMKM di sektor kuliner, terutama mereka yang bergerak dalam bisnis seperti Pancake Fluffy Japanese di Kota Cirebon.
Kata Kunci: Inovasi Produk, Kualitas Produk, Keunggulan Bersaing, UMKM