Mazaya Leather Craft salah satu perusahaan di industri kulit yang memiliki permasalahan yaitu belum memahami preferensi konsumennya, hal itu dapat mengakibatkan perusahaan kehilangan peluang dalam memenuhi kebutuhan pasar yang sesuai. Sehingga, penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi konsumen terutama dalam memilih produk fashion berbahan kulit.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan metode yang digunakan adalah analisis konjoin. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan teknik pengumpulan data melalui survei kepada 100 responden masyarakat umum yang memiliki minat terhadap produk fashion berbahan kulit. Atribut yang digunakan pada produk Mazaya Leather Craft yang dianalisis menggunakan metode analisis konjoin adalah harga, desain, bahan dasar, dan masa pemakaian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 100 responden mengidentifikasi atribut yang mempengaruhi preferensi konsumen dalam memilih produk fashion berbahan kulit yaitu produk yang memiliki harga dimulai dari Rp. 100.001 - Rp. 500.000 dengan nilai kepentingan 32,339%, lalu produk yang memiliki desain simpel dengan nilai kepentingan 15,563%, berbahan dasar kulit asli dengan nilai kepentingan 17,250%, dan memiliki masa pemakaian produk dalam jangka lebih dari satu tahun dengan nilai kepentingan 34,848%. Mazaya Leather Craft dapat memanfaatkan atribut yang sudah diteliti untuk mengembangkan produk fashion berbahan kulit sesuai dengan preferensi target pasarnya.
Kata kunci: preferensi konsumen, analisis konjoin, atribut, fesyen