Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin berkembangnya metode pemasaran yang dilaksanakan, khususnya secara digital melalui internet. Dan dari perkembangan tersebut, muncul metode pemasaran baru melalui fitur
live streaming yang ada pada berbagai platform digital di internet. Salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk melakukan
live streaming adalah Tiktok.
Dengan berkembangnya pemasaran melalui
live stream tersebut serta perkembangan platform
live streaming sendiri, penelitian ini pun ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran
live streaming tersebut terhadap niat beli konsumen pada produk Implora melalui Tiktok Shop dari perspective dari
IT Affordance.
Dengan menggunakan teknik
purposive sampling yang termasuk ke dalam metode
non-probability sampling, didapat responden sebanyak 237 yang merupakan pengguna Tiktok, pernah menonton
live stream yang dilaksanakan Implora, dan pernah atau ingin membeli produk dari Implora. Dan data yang didapat melalui sampel penelitian tersebut kemudian dihitung dengan metode analisis factor konfirmatori (CFA) menggrunakan perangkat SmartPLS.
Dari data yang telah dikumpulkan serta analisis data yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa niat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel
presence dalam
live streaming engagement, namun tidak dipengaruhi oleh variabel
immersion yang menunjukkan bahwa konsumen lebih dipengaruhi keaktifan dan interaksi secara langsung di dalam
live streaming dibandingkan dengan hubungan emosional dan perasaan hadir di dalam live streaming dalam konteks pemasaran. Kemudian, variabel
presence dipengaruhi oleh
giuidance shopping dan
metavoicing affordance, namun tidak dipengaruhi oleh
visibility affordance. Dan variabel
immersion dipengaruhi oleh
visibility dan
guidance shopping affordance namun tidak dengan
metavoicing affordance.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif atau pendangan baru mengenai pemasaran melalui
live streaming yang dilakukan oleh Implora dengan mempertimbangkan aspek-aspek
live streaming yang dapat meningkatkan
presence di dalam
live streaming engagement seperti
guidance shopping dan
metavoicing affordance dari persepektif
IT Affordance.
Kata Kunci: live streaming, factor analysis, purchase intention, Implora, Tiktok