Pengaruh Live Streaming Advertising Melalui Tiktok Shop Terhadap Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Implora - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MOCHAMMAD RYHAN'S ARLIANSYAH

Informasi Dasar

147 kali
24.04.2803
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi dengan semakin berkembangnya metode pemasaran yang dilaksanakan, khususnya secara digital melalui internet. Dan dari perkembangan tersebut, muncul metode pemasaran baru melalui fitur live streaming yang ada pada berbagai platform digital di internet. Salah satu platform yang paling banyak digunakan untuk melakukan live streaming  adalah Tiktok.
Dengan berkembangnya pemasaran melalui live stream tersebut serta perkembangan platform live streaming sendiri, penelitian ini pun ditulis dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemasaran live streaming tersebut terhadap niat beli konsumen pada produk Implora melalui Tiktok Shop dari perspective dari IT Affordance.
Dengan menggunakan teknik purposive sampling yang termasuk ke dalam metode non-probability sampling, didapat responden sebanyak 237 yang merupakan pengguna Tiktok, pernah menonton live stream yang dilaksanakan Implora, dan pernah atau ingin membeli produk dari Implora. Dan data yang didapat melalui sampel penelitian tersebut kemudian dihitung dengan metode analisis factor konfirmatori (CFA) menggrunakan perangkat SmartPLS.
Dari data yang telah dikumpulkan serta analisis data yang telah dilakukan, didapatkan hasil yang menunjukkan bahwa niat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel presence dalam live streaming engagement, namun tidak dipengaruhi oleh variabel immersion yang menunjukkan bahwa konsumen lebih dipengaruhi keaktifan dan interaksi secara langsung di dalam live streaming dibandingkan dengan hubungan emosional dan perasaan hadir di dalam live streaming dalam konteks pemasaran. Kemudian, variabel presence dipengaruhi oleh giuidance shopping dan metavoicing affordance, namun tidak dipengaruhi oleh visibility affordance. Dan variabel immersion dipengaruhi oleh visibility dan guidance shopping affordance namun tidak dengan metavoicing affordance.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan perspektif atau pendangan baru mengenai pemasaran melalui live streaming yang dilakukan oleh Implora dengan mempertimbangkan aspek-aspek live streaming yang dapat meningkatkan presence di dalam live streaming engagement seperti guidance shopping dan metavoicing affordance dari persepektif IT Affordance.

Kata Kunci: live streaming, factor analysis, purchase intention, Implora, Tiktok

 

Subjek

DIGITAL MARKETING
MARKETING MANAGEMENT, CONSUMER,

Katalog

Pengaruh Live Streaming Advertising Melalui Tiktok Shop Terhadap Niat Pembelian Konsumen Pada Produk Implora - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MOCHAMMAD RYHAN'S ARLIANSYAH
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM332013 - MANAJEMEN PEMASARAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini