PENGARUH E-WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SMARTPHONE VIVO - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RAVA FACHRIE SUTANTO

Informasi Dasar

157 kali
24.04.2807
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Pertumbuhan teknologi informasi, termasuk alat komunikasi memberikan

dampak yang besar dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Berdasarkan data

BPS pada tahun 2022, sebesar 67,88% penduduk Indonesia mempunyai telepon

seluler. Kehadiran smartphone merek Vivo memperketat persaingan smartphone

berbasis Android di Indonesia. Namun, pada situs Top Brand Index, dalam kategori

telekomunikasi, khususnya pada produk smartphone, Vivo meraih peringkat kelima

dengan nilai TBI sebesar 9.70% di tahun 2023.

Tujuan dari penelitian ini yakni guna menjelaskan pengaruh brand image

dan brand trust terhadap purchasing decision konsumen smartphone Vivo serta

untuk mengetahui dampak brand image dan e-WOM terhadap brand trust

konsumen smartphone Vivo. Deskriptif kausal dengan metode kuantitatif menjadi

jenis penelitian yang dipakai.

Penulis menentukan total responden sebanyak 385 sebagai sampel untuk

diteliti dengan menerapkan rumus Bernoulli dan teknik purposive sampling.

Sampel yang akan diteliti yaitu pengguna smartphone Vivo yang pernah menonton

konten review smartphone Vivo selama 6 bulan terakhir. Sampel ditentukan

memakai metode non-probability sampling menggunakan teknik purposive

sampling. Tools yang dipakai pada penelitian ini yakni menggunakan software

Smart PLS versi 4.0.9.8 dengan menggunakan metode Structural Equation

Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel E-WOM (X1), Citra Merek

(X2), dan Kepercayaan Merek (Z) sebagai variabel intervening, memiliki pengaruh

yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian diharapkan

memberikan pemahaman mengenai pengaruh electronic word of mouth (e-WOM)

dan citra merek terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo, dengan

kepercayaan merek sebagai variabel intervening.

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh e-WOM dan citra merek

terhadap kepercayaan konsumen, serta dampaknya pada keputusan pembelian.

Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan kontr

Subjek

BUSINESS MARKETING
 

Katalog

PENGARUH E-WOM DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI KEPERCAYAAN MEREK SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA SMARTPHONE VIVO - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAVA FACHRIE SUTANTO
Perorangan
Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM231023 - MARKETING MANAGEMENT

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini