Desa Bumiwangi merupakan salah satu desa wisata yang terletak di Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Desa wisata ini menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dari desa yang lainnya yaitu menikmati keindahaan alam melalui gantole atau olahraga paralayang dari atas Bukit Cula. Selain itu, Desa wisata ini memiliki banyak potensi untuk berkembang menjadi tempat wisata yang menarik karena keindahan alamnya dan lingkungan yang masih terjaga kelestarianya. Namun, Desa Bumiwangi masih belum banyak dikenal oleh masyarakat umum sebagai destinasi wisata. Hal ini terjadi karena pengembangan pariwisatanya masih menghadapi kendala sehingga desa bumiwangi sebagai desa wisata belum menunjukan perbedaan antara desa wisata bumiwangi dengan desa wisata lainnya. Bahkan informasi tentang desa bumiwangi masih sedikit ditemukan di platfrom digital.
Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan pendekatan untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan oleh sejumlah orang atau sekelompok orang. Pendekatan penelitian yang dilakukan merupakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan menentukan strategi promosi digital yang tepat untuk desa melalui proses pembuatan website yang dapat digunakan untuk mempromosikan dan mengembangkan desa wisata.
Akhirnya, hasil penelitian ini memberikan arahan dan wawasan yang penting bagi pengembangan Desa Wisata Bumiwangi dalam hal promosi digital yang efektif dan pemanfaatan informasi minat wisatawan untuk meningkatkan pengalaman dan daya tarik destinasi wisata. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan arahan dan wawasan yang penting bagi pengembangan Desa Wisata Bumiwangi untuk meningkatkan pengalaman dan daya tarik destinasi wisata.
Kata kunci : Website, Desa Wisata, Promosi Digital