Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, tetapi masih banyak para pelaku UMKM khususnya supplier yang mengalami kesulitan dalam menemukan partner mitra bisnis seperti reseller yang konsisten dan terpercaya. Sehingga di era digitalisasi ini dibutuhkannya media penghubung dalam melakukan interaksi kerjasama bisnis antara supplier dengan reseller, sehingga dapat meningkatkan pendapatan serta efisiensi operasional dalam kerjasama bisnis dengan menggunakan model jual beli. Melalui survei menunjukan bahwa 80% perlu adanya platform yang menghubungkan supplier dengan reseller. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi terkait masalah tersebut dengan mengembangkan platform kerjasama bisnis dengan nama Mitra.id menggunakan metode Extreme Programming (XP) karena fleksibilitasnya dan kemampuan yang cepat dalam menyesuaikan perubahan, fitur-fitur yang dikembangkan untuk membantu supplier meliputi, manajemen produk, mengelola pesanan, dan monitoring penjualan serta stok produk. Platform ini dilakukan pengujian dengan menggunakan User Acceptance Test (UAT). Hasil pengujian terhadap platform menunjukan bahwa platform ini mampu dalam memenuhi kebutuan serta mengatasi kendala yang dihadapi oleh pelaku UMKM khusunya supplier dan platform ini juga dapat membantu dalam meningkatkan keberlanjutan bisnis UMKM di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat.
Kata kunci: UMKM, Platform, Kerjasama Bisnis, Supplier, Reseller, Extreme Programming (XP), User Acceptance Test (UAT)