Ivoox Indonesia adalah sebuah media yang menyediakan dan memberikan
informasi berkualitas dan terpercaya, melalui Instagram @ivooxid, Ivoox mensajikan
segala informasi berupa foto atau video yang terdapat di dalam feeds, reels, dan story.
Untuk mencapai konten yang menarik, diperlukan adanya strategi pengelolaan konten
yang baik guna pesan yang disampaikan dapat diterima oleh pembaca. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas Ivoox Indonesia
dalam mengelola media sosial Instagram @ivooxid.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dan menggunakan
paradigma konstruktivisme. Riset penelitian ini menggunakan strategi humas menurut
Cutlip & Center. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ivoox melakukan kegiatan
strategi humas yang mengacu pada Cutlip & Center, pada Defining the Problem para
wartawan merasakan keresahan pada suatu media penyebaran informasi yang tidak
apa adanya, maka Ivoox diciptakan sebagai wadah guna memberikan informasi yang
berkualitas dan terpercaya, pada Planning and Programming Ivoox memilih
Instagram sebagai fokus utama untuk media sosial yang dimilikinya, pada Taking
Action and Communicating untuk mencari keakuratan data Ivoox memiliki wartawan,
serta melakukan riset melalui website pemerintah, Good News from Indonesia, dan
pada Evaluating the Problem Ivoox melakukan evaluasi sebagai tolak ukur
keberhasilan strategi humas.
Kata Kunci: Hubungan Masyarakat, Ivoox Indonesia, Konten, Media Sosial
Instagram.