Saat ini bisnis bunga hias di Indonesia terus mengalami peningkatan dan
semakin digemari. Selain keindahan bunga hias dengan berbagai jenisnya, bunga
hias memiliki nilai ekonomi tinggi sehingga layak untuk dijadikan peluang usaha. “Q
Florist” adalah salah satu toko yang menjual bouquet bunga di Jakarta dengan
meyediakan berbagai macam jenis bouquet bunga dengan berbagai bentuk, model
sesuai keinginan customer. Dengan banyaknya bisnis di bidang yang sama maka
menimbulkan persaingan yang cukup tinggi, menurunnya penjualan Q Florist
menarik penulis untuk mengetahui penyebab dan mencari solusi, maka penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga dan promosi Q Florist terhadap
keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif menggunakan kuesioner
sebagai instrument pengumpulan data. Data yang diambil dari 125 responden
dianalisis menggunakan beberapa teknik dengan tujuan untuk menguji hubungan
antara variable independen harga (X1) dan promosi (X2) terhadap variabel dependen
keputusan pembelian (Y).
Hasil penelitian menunjukkan harga dan promosi secara simultan terdapat
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa harga dan promosi memiliki hubungan yang positif dan
signifikan dengan keputusan pembelian konsumen Q Florist Jakarta. Dengan
demikian, diharapkan Q Florist dapat mempertimbangkan strategi harga untuk
meningkatkan daya saing produk dan promosi yang dijalankan bisa menunjukkan sisi
keunikan dari Q Florist sehingga muncul ketertarikan dari calon konsumen. Untuk
penelitian selanjutnya diharapkan agar melakukan pembaharuan terhadap penelitian
sebelumnya.
Kata Kunci : Harga, Promosi, Keputusan Pembelian, dan Q Florist.