Indonesia terkenal sebagai tempat wisata terbaik di dunia. Selama beberapa dekade terakhir, pariwisata Indonesia telah mengalami pertumbuhan yang sangat cepat. Keadaan ini berdampak pada ekonomi negara dan meningkatkan devisa. Wisata merupakan salah satu sektor yang paling cepat berkembang di dunia dan memacu pertumbuhan ekonomi banyak negara berkembang dan pariwisata juga memiliki potensi untuk mendorong pertumbuhan sektor lain yang mendukung industri pariwisata.
Kota Tasikmalaya mempunyai potensi wisata yang cukup besar, dan Tasik Oktober Festival merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan citra dan daya tarik kota tersebut sebagai daerah tujuan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh city branding dan city image terhadap keputusan wisatawan berkunjung ke Kota Tasikmalaya, dengan mempertimbangkan peran Tasik Oktober Festival.
Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif bersifat kausal melalui pendekatan kuantitatif. Teknik survei menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Tasikmalaya, khususnya pada saat Festival Oktober Tasik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan kuantitatif melalui analisis deskriptif, Uji Asumsi Klasik, dan analisis Regresi Linier Berganda menggunakan alat statistic SPSS 26.
Berdasarkan hasil pengolahan data, diketahui bahwa City Brading dan City Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung pada wisatawan Tasik Oktober Festival di Kota Tasikmalaya Fhitung lebih besar dari Ftabel (21.06 > 3.09) dan dengan tingkat signifikansi sebesar 0.000 > 0.05. Sehingga, semakin besar pengaruh yang ditimbulkan oleh City Branding dan City Image pada acara tasik oktober festival maka akan semakin meningkatkan keputusan berkunjung wisatawan. Koefisien determinasi diketahui bahwa City Branding dan City Image berpengaruh sebesar 28.8% terhadap Keputusan Berkunjung pada wisatawan Tasik Oktober Festival di Kota Tasikmalaya sedangkan sisanya 71.2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak termasuk kedalam penelitian ini.
Kata Kunci: City Branding, City Image, Keputusan Berkunjung, Wisatawan, Tasik Oktober Festival.