Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi dan UKM, melalui situs Website UKMINDONESIA.ID, terdapat 85,585-unit UMKM di Provinsi Gorontalo yang terdaftar pada platform Online Single Submission - Risk Based Approach (OSS RBA). UMKM Bilal Mekar Snack salah satu UMKM asal Gorontalo yang berfokus pada sektor makanan ringan khas daerah Gorontalo dan bahan pelengkap makanan dengan memanfaatkan hasil olahan ikan sebagai bahan baku utamanya. Berdasarkan wawancara, observasi produk dan visual terdahulu milik UMKM Bilal Mekar Snack. Penulis melihat bahwa ada beberapa penerapan potensi yang UMKM Bilal Mekar Snack miliki masih kurang tepat, seperti kurangnya kesadaran dari pihak UMKM pada Branding identitas usahanya dan produknya dalam aspek desain visual, seperti logo UMKM yang masih terlalu generik dan tidak memiliki ciri khas khusus yang mudah diingat oleh konsumen, belum adanya nama merek produk pada kemasan, serta desain kemasan yang seringkali berubah-ubah dalam aspek desain visual, dan kurang memaksimalkan media promosi yang dimiliki. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka metode riset yang digunakan pada perancangan tugas akhir ini meliputi studi Pustaka, observasi, wawancara, kuesioner, analisis matriks perbandingan dan analisis SWOT. Konsep yang digunakan dalam perancangan ini menggunakan pendekatan psikologi desain. Hasil dari perancangan pada penelitian ini adalah sebuah identitas baru berupa Logo UMKM, nama merek, desain kemasan, dan media pendukung seperti Poster, x banner, feeds dan story media sosial, website profile, feeds & website banner e-commerce, dan lainnya.
Kata Kunci: Branding, UMKM, perikanan, dan Psikologi desain