ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DAN E-PAYMENT UMKM TERHADAP EFISIENSI OPERASIONAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MIFTAAH NUGROHO

Informasi Dasar

146 kali
24.04.3330
658.872
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAK

Berkembangnya jaringan online berkat konektivitas internet yang luas membuka banyak peluang bagi e-commerce. Salah satu alasan utama berkembangnya e-commerce adalah meningkatnya penggunaan perangkat seluler, khususnya ponsel pintar. Internet memudahkan orang berbelanja. E-commerce semakin berkembang berkat peningkatan literasi digital dan pengetahuan konsumen tentang manfaat belanja online.
Edukasi terus diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penggunaan platform e-commerce yang aman dan efektif. Namun, kemunculan e- commerce menjadi suatu inovasi kebutuhan keuangan di mana dianggap lebih efektif dengan melalui e-payment daripada pembayaran tradisional. E-payment sebagai metode pembayaran elektronik yang memudahkan kelancaran proses penjualan online antara pembeli dan penjual.
Penelitian ini guna mengetahui pengaruh e-payment service dan e-commerce service terhadap supply chain performance. Metode penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Subjek penelitian ini ialah penjual di aplikasi Tokopedia. Metode pengumpulan data menggunakan skala supply chain performance, skala e-payment service, dan skala e-commerce service. Uji validitas seluruh skala menghasilkan sig < 0,05 sehingga semua item dikatakan valid, kemudian hasil uji reliabilitas menghasilkan nilai alfa > 0,60 yang berarti skala supply chain performance, skala e-payment service, dan skala e-commerce service dinyatakan reliabel.
Berdasarkan hasil uji hipotesis memperoleh temuan e-payment service berpengaruh signifikan secara parsial terhadap supply chain performance, e-commerce service berpengaruh signifikan secara parsial terhadap supply chain performance, serta e-payment service dan e- commerce service secara simultan berpengaruh signifikan terhadap supply chain performance.
Terdapat beberapa saran dari penelitian ini antara lain disarankan untuk menambah jumlah responden supaya hasil penelitian yang diperoleh mampu menggambarkan kondisi populasi dengan lebih optimal serta dapat menambah variasi variabel independen agar mampu mengetahui seluruh faktor yang dapat memengaruhi supply chain performance. Selain itu, dapat memanfaatkan penggunaan software pembanding selain SPSS sebagai komparasi hasil antar software untuk hasil yang lebih akurat

Subjek

ONLINE MARKETING
 

Katalog

ANALISIS STRATEGI E-COMMERCE DAN E-PAYMENT UMKM TERHADAP EFISIENSI OPERASIONAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vii,51p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MIFTAAH NUGROHO
Perorangan
Ratih Hendayani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • EBI2J4 - MANAJEMEN OPERASI
  • EBI3W4 - MANAJEMEN RANTAI PASOK BERKELANJUTAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini