MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI BUMBLE (FENOMENA CASUAL RELATIONSHIP PADA MAHASISWA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

KARINA MONA SALSABILA

Informasi Dasar

131 kali
24.04.3390
005.2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lahirnya aplikasi kencan online adalah salah satu hasil dari adanya perkembangan teknologi yang dapat memberikan kemudahan dalam mengaksesnya serta perubahan terhadap perilaku masyarakat. Aplikasi kencan online memberikan sebuah kesempatan terhadap individu untuk tidak lagi menggunakan cara tradisional dalam bersosialisasi, serta memberikan akses seorang individu dengan menyediakan beragam tipe pasangan yang bisa disesuaikan dengan kriteria yang dicari oleh individu tersebut. Namun, seiring berjalannya waktu terdapat budaya-budaya baru seperti casual relationship atau hubungan tanpa label atau status terhadap mahasiswa.. Hal ini menyebabkan tingginya aktivitas yang terjadi di dalam aplikasi kencan online tidak sesuai dengan hakikat dan fungsinya, yaitu mencari pasangan. Salah satu aplikasi kencan online yang tergolong aktif di Indonesia adalah Bumble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motif penggunaan aplikasi Bumble dalam fenomena casual relationship pada mahasiswa. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif untuk menganalisis dan menguraikan hasil penelitian. Melalui teori fenomenologi Alfred Schutz, ditemukan dua bentuk motif penggunaan aplikasi Bumble dalam fenomena casual relationship, yaitu because of motive berupa motif relasi, motif bosan, motif lingkungan, motif hiburan, motif kesepian, dan motif penasaran. Lalu in-order-to motive yakni motif relasi, motif hiburan, dan motif romansa.

Subjek

MOBILE APPLICATION
 

Katalog

MOTIF PENGGUNAAN APLIKASI BUMBLE (FENOMENA CASUAL RELATIONSHIP PADA MAHASISWA) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KARINA MONA SALSABILA
Perorangan
Dimas Satrio Wijaksono
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • KII1K3 - KOMUNIKASI MASSA DAN MEDIA BARU
  • KII3F3 - PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini