AUDIT KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM MEMBRANDING LEMBAH HARAU SEBAGAI KAWASAN GEOPARK HARAU PASCA PANDEMI - Dalam bentuk buku karya ilmiah

NADIA HENDRIKA PUTRI

Informasi Dasar

91 kali
24.04.3722
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Lembah Harau merupakan destinasi wisata yang telah dibranding sebagai Kawasan Geopark Harau. Namun terdapat permasalahan komunikasi dalam membranding Lembah Harau sebagai Kawasan Geopark Harau oleh Disparpora Kabupaten Lima Puluh Kota. Sehingga Lembah Harau masih dalam fase recovery pariwisata. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui permasalahan komunikasi dan rekomendasi dari audit komunikasi terhadap Dinas Pariwisata dan Olahraga Kabupaten Lima Puluh Kota dalam membranding Lembah Harau sebagai Kawasan Geopark Harau pasca pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Menerapkan metode Miles dan Huberman untuk analisis data yang mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat permasalahan komunikasi yang termasuk kedalam lima dimensi audit komunikasi oleh Disparpora. Pertama adalah permasalahan dimensi kepemimpinan dan kewenangan lemahnya regulasi pembangunan oleh Disparpora. Kedua adalah permasalahan dimensi partisipasi anggota instansi pemerintah dan publik, seperti Pokdarwis di Lembah Harau sudah tidak aktif dan belum terdapat kerjasama dengan pihak bisnis dan komunitas dalam upaya branding pasca pandemi. Kemudian permasalahan dimensi media komunikasi yaitu kurangnya pengoptimalan promosi media sosial. Lalu permasalahan dimensi umpan balik publik seperti tidak adanya survei kepuasan pengunjung dan belum optimalnya dalam mengimplementasikan usulan masyarakat. Kelima adalah permasalahan dalam dimensi kejelasan arti pesan seperti terdapat kesenjangan dan kekurangan pemahaman terkait geopark oleh pemerintah. Rekomendasi yang diajukan hendaklah Disparpora meningkatkan kompetensi literasi geopark, menegakkan pesan branding yang kuat terkait regulasi pembangunan, mengoptimalkan komunikasi kelompok dengan pihak komunitas, meningkatkan literasi digital dan menjalin kolaborasi dengan influencer anak muda setempat.

Kata Kunci : Audit Komunikasi, Branding, Lembah Harau, Geopark

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

AUDIT KOMUNIKASI DINAS PARIWISATA, PEMUDA DAN OLAHRAGA KABUPATEN LIMA PULUH KOTA DALAM MEMBRANDING LEMBAH HARAU SEBAGAI KAWASAN GEOPARK HARAU PASCA PANDEMI - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
viii, 168p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NADIA HENDRIKA PUTRI
Perorangan
A. Hasan Al Husain, Wa Ode Seprina
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini