Sebagai perusahaan yang bergerak di sektor jasa, Hotel XYZ menerapkan berbagai strategi untuk memenuhi dan melampaui ekspektasi pelanggan dengan menghasilkan kinerja terbaik. Keberhasilan perusahaan ditentukan oleh keunggulan sumber daya manusianya. Beberapa faktor penting agar tenaga kerja selalu memberikan kinerja terbaik adalah dengan pelatihan dan motivasi kerja. Program pelatihan dapat meningkatkan kualitas kerja karyawan, sementara motivasi kerja dapat mendorong mereka untuk menghasilkan kinerja optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelatihan dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan di Hotel XYZ. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan kausalitas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampling jenuh yang melibatkan 86 responden. Teknik analisis data dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan regresi linear berganda dengan software SPSS versi 25. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pelatihan, motivasi kerja, dan kinerja karyawan berada dalam kategori baik. Hasil analisis regresi linear berganda mengungkapkan bahwa pelatihan dan motivasi kerja memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan, baik secara parsial maupun simultan.
Kata Kunci: Sumber Daya Manusia, Pelatihan, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan