Nilai perusahaan merupakan salah satu tujuan utama perusahaan karena nilai perusahaan menunjukkan suatu keadaan yang telah dicapai oleh suatu perusahaan sebagai viingkatvi kepercayaan viingkatvivit terhadap perusahaan tersebut dari perusahaan didirikan hingga saat ini. Nilai perusahaan merupakan viingkatvi investor untuk mengukur viingkat keberhasilan suatu perusahaan, dimana nilai perusahaan seringkali tercermin pada harga saham perusahaan tersebut. Hubungan positif antara harga saham suatu perusahaan dengan nilai perusahaan menunjukkan kenaikan harga saham diikuti kenaikan nilai perusahaan dan sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh intellectual capital, investment opportunity set, dan cash holding terhadap nilai perusahaan pada perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang bersumber dari laporan tahunan dan laporan keuangan perusahaan serta menggunakan studi pustaka penelitian terdahulu. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 200 data observasi dari 40 perusahaan sub sektor properti dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2022. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif, analisis regresi data panel, uji hipotesis, dan analisis koefisien deteminasi dengan menggunakan aplikasi Eviews Versi 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intellectual capital, investment opportunity set, dan cash holding secara simultan memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Intellectual capital secara parsial tidak memiliki pengaruh terhadap nilai perusahaan. Investment opportunity set dan cash holding secara parsial memliki pengaruh positif terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Intellectual capital, investment opportunity set, cash holding, dan nilai perusahaan.