Perancangan Perbaikan Positioning Odelia Hijab Berdasarkan Perseptual Mapping Dengan Metode Multidimensional scaling Dan SWOT Analysis - Dalam bentuk buku karya ilmiah

RIZAL FADLI NUGRAHA

Informasi Dasar

129 kali
24.04.3997
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Indonesia menjadi salah satu negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia. Dengan populasi muslim yang mencapai 240,62 juta jiwa pada tahun 2023, Indonesia tidak hanya menjadi negara dengan mayoritas muslim terbesar, tetapi juga menjadi pasar potensial yang signifikan bagi industri fashion muslim global. Penjualan hijab di Indonesia cukup tinggi sejalan dengan meningkatnya konsumsi fashion muslim di Indonesia. Odelia Hijab merupakan salah satu brand busana muslim Indonesia yang telah berdiri sejak 8 agustus 2022 dan berlokasi di komplek Puri Indah No B3/1 Jatinangor, Kab Sumedang, Jawa Barat. Dalam sebelas bulan terakhir Odelia Hijab mempunyai beberapa gejala masalah diantaranya penjualan yang tidak mencapai target, tingkat heart share, dan diferensiasi yang rendah, pemanfaatan media penjualan seperti e-commerce yang belum maksimal dibandingkan dengan kompetitor sejenisnya. Metode Multidimensional scaling (MDS) dan analisis SWOT akan digunakan untuk mendapatkan informasi yang lebih mendalam tentang penilaian konsumen terhadap Odelia Hijab. Dari pengolahan data yang dihasilkan Odelia Hijab masuk kedalam wilayah C bersama Shaybee sebagai pesaing aktual. Hasil penelitian Tugas Akhir ini berupa rancangan perbaikan strategi positioning Odelia Hijab dalam bersaing dengan kompetitor dengan berdasarkan atribut kualitas bahan produk dan desain produk yang menarik. Hasil tersebut juga diikuti oleh rancangan alternatif pada Wilayah persaingan A dengan brand Elzatta Hijab, Deenay Scarves, dan Hijabic.id, yang dianggap sebagai kompetitor potensial dengan atribut perbaikan yang terpilih yaitu atribut reputasi brand, variasi jenis produk, variasi warna produk, dan variasi model produk. Impelementasi rancangan yang bisa dilakukan Odelia Hijab adalah mengoptimalkan rumah produksi serta hubungan baik dengan supplier, Peningkatan status menjadi Shopee Mall, Mengikuti pelatihan Online Artificial intelligence (AI) desain, Menjalin kerja sama yang baik dengan supplier baru, dan Melakukan kolaborasi atau pembandingan performa brand dengan kompetitor.
 

Subjek

POSITIONING-MARKETING
 

Katalog

Perancangan Perbaikan Positioning Odelia Hijab Berdasarkan Perseptual Mapping Dengan Metode Multidimensional scaling Dan SWOT Analysis - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv, 89p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIZAL FADLI NUGRAHA
Perorangan
Boby Hera Sagita, Sari Wulandari
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • III4A4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini