Abstrak: Perkembangan bisnis animasi sangatlah menjanjikan pada era modern saat ini. Penggunaan animasi sebagai media pemasaran sedang menjadi populer bagi perusahaan kecil atau start-up. Namun, tidak sedikit juga perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan animasi sebagai media promosinya. Penggunaan animasi dapat menjadi sarana untuk meningkatkan brand awareness dengan cara yang lebih menarik dan dapat menghemat pengeluaran yang berlebihan. Perkembangan bisnis animasi tentu menciptakan daya tarik bagi para generasi muda untuk memiliki profesi pada bidang tersebut. Hal ini dibuktikan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia yang menyatakan bahwa jumlah tenaga kerja ekonomi kreatif di Indonesia mengalami pertumbuhan rata-rata sebesar 6,33% per tahun. Penelitian ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan ruang studio animasi Anymate pada bangunan baru, dikarenakan saat ini studio animasi tersebut masih tergabung ke dalam sebuah co-working space. Selain memenuhi kebutuhan ruang, kebutuhan pengguna juga akan dipenuhi secara fisik maupun psikologi dengan mengusung tema A Place Full of Ideas, yang memiliki makna kebutuhan para pekerja yang terpenuhi, sehingga mereka dapat menyalurkan ide-ide kreatif tanpa adanya hambatan. Pendekatan Creative Environment yang digunakan memiliki tiga aspek yang saling berhubungan, yaitu aspek dukungan fungsional yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi distraksi, aspek dukungan psikososial yang bertujuan untuk meningkatkan well-being, mengurangi stres, dan hambatan sosial, serta aspek inspirasional yang bertujuan memfasilitasi proses penciptaan ide. Pendekatan yang digunakan pada tema menjadi acuan untuk menciptakan suasana studio animasi yang nyaman, segar, ekspresif, dan sejatera.
Kata kunci: bisnis animasi; tenaga kerja ekonomi kreatif; creative environment; studio animasi.