Pelaku bisnis kafe saat ini terus mengembangkan layanannya sesuai dengan
kebutuhan masyarakat dan terus berupaya menyelaraskan perkembangan bisnisnya
yang tentunya tidak lepas dari perkembangan teknologi. Perkembangan itu difasilitasi
oleh dengan adanya aplikasi transportasi online dimana terdapat layanan jasa antar
makanan secara online (online food delivery). Area tunggu Chatime Buah Batu Square
disediakan untuk pengunjung yang makan ditempat atau take away dan juga untuk
ojek online di area yang sama dan ruang yang terbatas sehingga mengurangi
kenyamanan pengunjung dan ojek online karena merasa kurang nyaman dan
terganggu pada waktu dan jam-jam ramai tertentu seperti waktu makan siang, waktu
sore hari atau pulang kerja sekitar jam 4-5 sore, dan waktu makan malam. Berdasarkan
analisa data maka dilakukan perancangan partisi multifungsi dengan kursi tunggu
yang dirancang untuk dapat membantu pengemudi ojek online untuk beristirahat dan
mengecas telepon genggam mereka dalam waktu tunggu yang tidak menentu
berdasarkan antrian atau proses penyiapan. Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode kualitatif dengan teknik penggalian data berupa observasi, wawancara,
kuesioner, dan studi literatur melalui jurnal dan sumber kepustakaan lainnya. Metode
perancangan yang digunakan yaitu metode User Centered Design UCD dengan
dilakukannya proses perancangan dari data yang diperoleh berupa ideasi, sketsa,
desain 3D, prototyping, uji coba dan finishing. Perancangan partisi multifungsi dengan
kursi tunggu dapat meningkatkan kenyamanan untuk pengunjung utama dan ojek
online dengan visual yang sesuai dengan konsep kafe serta dapat ditempatkan pada
area yang terbatas.
Kata kunci : Partisi, Kursi, Kafe