Indonesia dikenal dengan keindahan dan keunikan budaya nya yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Indonesia. Di Jawa Barat, khususnya Kabupaten Garut terkenal dengan suasan asri nya dan memiliki potensi wisata GURILAPS (Gunung, Rimba, Laut, Pantai, dan Seni). Garut memiliki ikon dari salah satu hewan ternak di Indonesia bernama domba garut. Meski domba garut tidak asing istilahnya bagi masyarakat, namun tidak semua orang memiliki akses informasi yang memadai mengenai domba garut lebih jelasnya. Hal ini sejalan dengan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, yang menekankan pentingnya perlindungan dan pemanfaatan budaya sebagai identitas dan kekayaan bangsa. Dalam era pendidikan 4.0, teknologi informasi dan media edukasi menjadi penting untuk mengatasi keterbatasan ini. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media edukasi berbasis motion graphic yang mudah diakses dimanapun dan kapanpun, guna memperkenalkan dan melestarikan pengetahuan tentang domba garut ke masyarakat khususnya Generasi Z. Generasi Z adalah generasi yang kehidupannya lebih berdampingan dengan internet dan sosial media. Menggunakan metode penelitian kualitatif dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, menggunakan uji validitas data menggunakan triangulasi data, dan menggunakan metode double diamond framework untuk perancangannya. Diharapkan informasi tentang domba garut dapat tersebar luas dan dipahami oleh masyarakat, khususnya Generasi Z, melalui hasil dari penelitian dan perancangan ini.