PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PURCHASE DECISION KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SYIFA ALIFIA

Informasi Dasar

270 kali
24.04.4705
658.8
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Saat ini kehadiran internet dan penggunaan media elektronik bukan merupakan suatu hal tabu dikalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran banyak perusahaan yang memanfaatkan kondisi ini untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnisnya. Pemasaran elektronik telah mengubah lanskap bisnis secara fundamental, dengan sistem perdagangan online menjadi salah satu pilar utamanya. Salah satu contoh perdagangan online adalah Shopee. Shopee berusaha memaksimalkan setiap elemen dengan mengutamakan pengalaman yang akan didapatkan oleh calon pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami bagaimana dampak marketing mix (product, price, promotion, place) terhadap purchase decision konsumen di platform e-commerce Shopee. Marketing mix adalah seperangkat taktik pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mendapatkan respon yang diinginkan dari target pasar, dan elemen-elemen dalam marketing mix memiliki implikasi yang penting pada strategi pemasaran digital perusahaan. Marketing mix terdiri dari empat komponen atau yang dikenal dengan istilah 4 Ps (The Four Ps), yaitu product, price, promotion, place. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan teknik purposive sampling yang melibatkan 422 responden. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner dalam bentuk google form secara online kepada konsumen aktif Shopee di Indonesia melalui Direct Message (DM) kepada followers Instagram Shopee. Data di analisis dengan menggunakan alat analisis SEM PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promotion berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap purchase decision konsumen pada e-commerce Shopee. Hal ini disebabkan konsumen sudah merasa yakin dengan seluruh product yang ditawarkan sehingga kurang peduli pada promotion yang dilakukan. Namun, penelitian ini menguatkan bahwa product, price, dan place berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap purchase decision konsumen pada e-commerce Shopee. Saran untuk Shopee agar meningkatkan kemampuannya dalam memberikan rasa aman kepada konsumen agar purchase decision konsumen juga meningkat. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh Shopee untuk membuat konsumennya merasa aman dalam berbelanja yaitu dengan memperketat keamanan privasi konsumen.

Subjek

MARKETING MIX
 

Katalog

PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP PURCHASE DECISION KONSUMEN PADA E-COMMERCE SHOPEE - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x,65p.:il,;pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYIFA ALIFIA
Perorangan
Heppy Millanyani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

  • SM892016 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini