Selama beberapa dekade terakhir, bisnis layanan komunikasi pemasaran telah mengalami perubahan yang luar biasa. Perluasan ekonomi, pergeseran opini publik, dan semakin pentingnya persepsi publik yang positif terhadap bisnis merupakan faktor-faktor yang mendorong tren ini. Perubahan gaya hidup juga berdampak pada perluasan bisnis. Bisnis layanan Komunikasi Pemasaran di Indonesia mengalami transisi digital yang cepat dan persaingan yang ketat, di antara tantangan lainnya, meskipun pertumbuhannya sangat besar.
Selain itu, organisasi perlu berinovasi dan beradaptasi dengan tuntutan industri karena pola permintaan berubah karena semakin banyaknya penggunaan media sosial sebagai sumber informasi. Untuk membantu CV. RH COMS mengatasi tantangan yang sedang dihadapinya dan mengembangkan bisnisnya, studi ini akan menggunakan SWOT dan TOWS sebagai kerangka kerja untuk membangun Kanvas Model Bisnis. Kanvas ini kemudian akan memengaruhi kinerja dan kualitas perusahaan, yang pada akhirnya membantunya mengungguli pesaing di pasar yang sama. Wawancara, observasi partisipan, dan catatan tertulis menjadi data untuk penelitian kualitatif deskriptif ini. Tiga pihak internal telah memberikan sumber. Data wawancara menunjukkan bahwa CV. RH COMS mampu menyelesaikan kesembilan blok komponen dari Business Model Canvas, oleh karena itu keadaan kanvas saat ini dapat dianggap memuaskan. Setelah itu, peneliti menggunakan analisis SWOT untuk menganalisis Business Model Canvas dan melakukan identifikasi mendalam. Setelah ini, temuan untuk kondisi internal perusahaan mengungkapkan sembilan kekuatan dan sembilan kelemahan, sedangkan hasil untuk kondisi eksternal perusahaan mengungkapkan sembilan peluang dan sembilan ancaman. Langkah selanjutnya adalah membuat Business Model Canvas baru setelah memproses data menggunakan TOWS Matrix untuk mengidentifikasi karakteristik strategis perusahaan yang mungkin perlu ditingkatkan. Temuan tersebut mengungkapkan bahwa organisasi perlu meningkatkan sembilan komponen dengan memasukkan aspek-aspek penting ke dalam setiap blok keseluruhan, khususnya ke dalam komponen proposisi nilai, saluran, dan hubungan kritis (Strategi Prioritas).
Kata Kunci: Business Model Canvas, Analisis SWOT, Matriks TOWS., Manajemen Strategi, CV. RH COMS.