Di era digital, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia, mulai dari pekerjaan hingga hiburan. Kemajuan ini membawa manfaat besar namun juga membuka celah bagi penjahat siber, seperti social engineering, yang merupakan serangan psikologis di mana penyerang menipu korban untuk melakukan sesuatu yang tidak seharusnya. Di Indonesia, trojan activity menjadi serangan tertinggi, seringkali melibatkan manipulasi psikologis agar pengguna mengunduh perangkat lunak berbahaya. Kurangnya kesadaran masyarakat membuat serangan social engineering sangat efektif, dengan 45-60% partisipan gagal mengenali serangan tersebut. Phishing juga meningkat, terutama di sektor media sosial. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini merupakan gabungan dari dua artikel yang saling melengkapi dalam menjelaskan perilaku berbagi dan pencarian berbagi informasi social engineering. Teknik analisis penelitian ini menggunakan PLS-SEM dengan jumlah sampel adalah 200. Variabel penelitian ini yaitu Information Creation Ability (ICA), Information Sharing Experience (ISE), Information Sharing Self Efficacy (ISSE), Information Security Behaviour (ISB), Information To Share (ITSha), Perceived Threat (PT), Attitude Towars (AT), Subjective Norm (SN), dan Intention To Seek (ITSee). Hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Information Creation Ability (ICA) dan Information Sharing Experience (ISE) terhadap Information Sharing Self Efficacy (ISSE) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya Information Sharing Self Efficacy (ISSE) terhadap Information Security Behaviour (ISB) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya, Information Security Behaviour (ISB) terhadap Intention To Share (ITSha) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya Perceived Threat (PT) terhadap Intention To Seek (ITSee) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya Attitude Towars (PT) terhadap Intention To Seek (ITSee) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya Subjective Norm (SN) terhadap Intention To Seek (ITSee) berpengaruh secara positif dan signifikan. Selanjutnya Intention To Seek (ITSee) terhadap Intention To Share (ITSha) berpengaruh secara positif dan signifikan.