PERANCANGAN PERIKLANAN DIGITAL TOKO TJHIE.STORE MENGGUNAKAN STRATEGI SEARCH ENGINE MARKETING (SEM) DI PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FELIX SUDJIMAN

Informasi Dasar

86 kali
24.04.4844
659.1
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan tranformasi digital, salah satu
perubahan paling mencolok adalah bagaimana perilaku berbelanja telah
berkembang dari aktivitas secara langsung menjadi tren berbelanja online yang
mulai mendominasi. Tjhie.Store yang merupakan toko dengan produk kecantikan
bulu mata memasarkan produknya di platform marketplace Shopee Indonesia.
Penjualan toko Tjhie.Store mengalami penurunan dari tahun 2022 yang disebabkan
karena pandemi COVID-19 dan kurangnya pemanfaatan fitur promosi pada
platform yang digunakan, yaitu periklanan digital.
Perancangan periklanan digital dilakukan menggunakan metode Search Engine
Marketing (SEM), yaitu strategi pemasaran yang dilakukan dengan mengeluarkan
biaya untuk memanfaatkan mesin pencari pada platfrom yang digunakan dengan
tujuan meningkatkan visibilitas produk. Startegi yang digunakan pada perancangan
ini adalah dengan melakukan penelitian kata kunci iklan dan melakukan
penyesuaian kata kunci iklan dengan uji A/B atau split testing sehingga dapat
memberikan hasil yang efektif. Dari strategi perancangan periklanan digital
tersebut diharapkan dapat meningkatkan penjualan dari toko Tjhie.Store yang
dievaluasi menggunakan metode Return on Advertising Spend (ROAS) untuk
melihat kinerja dari periklanan digital selama diimplementasikan.
Proses implementasi pada penelitian ini berjalan selama tiga bulan dan dilihat dari
tingginya nilai ROAS pada sebagian besar produk yang diiklankan yaitu memiliki
nilai ROAS lebih besar dari 2. Penghasilan penjualan toko Tjhie.Store meningkat di
kisaran 9% – 48% dibandingkan dengan data penghasilan penjualan sebelum
periklanan digital berjalan.
Nilai ROAS yang didapatkan untuk periklanan digital secara keseluruhan adalah
sebesar 6,53. Berdasarkan hasil tersebut, perancangan periklanan digital
menggunakan metode Search Engine Marketing (SEM) dikatakan layak untuk
dilakukan dalam jangka panjang sehingga dapat meningkatkan kembali penjualan
toko Tjhie.Store.
Kata Kunci —Periklanan Digital, SEM, ROAS, Split Testing, Kata Kunci Iklan

Subjek

ADVERSTING
 

Katalog

PERANCANGAN PERIKLANAN DIGITAL TOKO TJHIE.STORE MENGGUNAKAN STRATEGI SEARCH ENGINE MARKETING (SEM) DI PLATFORM MARKETPLACE SHOPEE INDONESIA - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xii, 93p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FELIX SUDJIMAN
Perorangan
Budi Praptono, Sinta Aryani
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini