Optimalisasi Proses Inspeksi di UMKM Kaffa Indonesia Berdasarkan ISO 9001:2015 Klausul 8.1 Menggunakan Business Process Improvement - Dalam bentuk buku karya ilmiah

ZARYA SOPHIA MAZIDAH

Informasi Dasar

345 kali
24.04.5725
658.4013
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perusahaan harus memastikan produk dan jasa yang dihasilkan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Untuk memastikan produk sesuai dengan keinginan pelanggan, perusahaan dapat mengimplementasikan quality control dalam bentuk kegiatan inspeksi. Inspeksi sangat diperlukan untuk mengendalikan kualitas, serta mendeteksi produk yang tidak sesuai dengan standar. Hal tersebut dilakukan agar sesuai dengan persyaratan dalam ISO 9001:2015 klausul 8.1 tentang perencanaan dan pengendalian operasional. Pada studi kasus penelitian ini, diketahui bahwa Kaffa Indonesia mendapat keluhan pelanggan atas produk pakaian yang diterima. Keluhan meliputi size yang tidak sesuai, jahitan tidak rapih, jenis barang tidak sesuai, ada bagian yang bolong, hingga noda minyak pada pakaian. Produk pakaian defect yang diterima pelanggan ini dapat terjadi akibat proses inspeksi yang belum terstruktur, sehingga terdapat barang defect yang lolos. Penyelesaian permasalahan ini ialah dengan perbaikan proses inspeksi dengan metode Business Process Improvement (BPI) dan perancangan Standard Operating Procedure (SOP) beserta dokumen pendukungnya. Pada penelitian ini dilakukan perbaikan proses inspeksi dengan menerapkan tools streamlining. Proses bisnis usulan dapat mengurangi adanya kesalahan berupa defect yang lolos ke pelanggan sehingga dapat mengurangi keluhan pelanggan. Pada SOP usulan terdapat dokumen pendukung berupa form checksheet untuk keperluan dokumentasi. Usulan SOP ini dilakukan dengan tujuan untuk mengoptimalkan proses inspeksi sehingga dapat meminimasi adanya keluhan pelanggan terhadap produk pakaian yang diproduksi Kaffa Indonesia.
 
Kata kunci :  Quality control, keluhan pelanggan, inspeksi, ISO 9001:2015, BPI 

 

Subjek

QUALITY CONTROL
 

Katalog

Optimalisasi Proses Inspeksi di UMKM Kaffa Indonesia Berdasarkan ISO 9001:2015 Klausul 8.1 Menggunakan Business Process Improvement - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
vi, 97p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZARYA SOPHIA MAZIDAH
Perorangan
Marina Yustiana Lubis, Hadi Susanto
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Teknik Industri
Bandung
2024

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini