ANALISIS KESUKSESAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI SALINMAS MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN DI BANYUMAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah

META TRIANA NINGRUM

Informasi Dasar

84 kali
25.04.717
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan ilmu dan teknologi informasi telah banyak mengubah cara pandang dan gaya hidup masyarakat Indonesia dalam menjalankan kegiatannya. Persoalan tentang sampah yang masih menjadi tantangan yang harus segera dipecahkan di Indonesia terutama diKabupaten Banyumas. Mengacu pada persoalan sampah tersebut, pemerintah kabupaten Banyumas berupaya menciptakan sebuah inovasi bersama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas yang ditujukan untuk penanggulangan sampah secara efektif dan efisien melalui pemanfaatan teknologi digitalisasi. Inovasi tersebut dinamakan SALINMAS yang merupakan akronim dari Sampah Online Banyumas. Berdasarkan permasalahan tersebut maka diperlukan analisis untuk mengetahui tingkat Kesuksesan sebuah layanan aplikasi menggunakan metode Delone & McLean dengan memperhatikan variable kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih untuk mengetahu faktor kesuksesan layanan terhadap pengguna. Populasi dalam penelitian yaitu pengguna KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) aplikasi SALINMAS yang diperoleh dari  Dinas Lingkungan Hidup. Pengumpulan informasi untuk penelitian ini adalah melalui penggunaan kuesioner yang disebarkan menggunakan platform Google Form. penelitian ini ini berfokus paldal identifikalsi daln evallualsi tingkalt kesuksesaln lalyalnaln penggunal alplikalsi SALLINMALS. Tujualnnyal aldallalh untuk menemukaln daln mengaltalsi berbalgali permalsallalhaln teknis seperti kesulitaln login, error sistem, daln fitur yalng tidalk berfungsi. Disebarkan kuesioner kesuksesan layanan terhadap pengguna aplikasi SALINMAS yang terdiri dari 18 pernyataan yang terdiri dari variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih (net benefits). Analisis data dilakukan menggunakan tools SmartPLS. Setelah dilakukan validitas terdapat  pernyataan yang tidak valid sehingga hanya 16 pernyataan yang digunakan sebagai instrumen penilaian. Setelah data valid dan reliabel, dilakukan outer model (uji multikolinearitas dan R-square). Setelah itu dilakukan pengujian hipotesis, dari sembilan hipotesis yang tersedia H1, H2, H3, H4, H6, dan H8 ditolak sedangkan H5, H7 dan H9 diterima. Dari rekomendasi yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa aplikasi SALINMAS harus meningkatkan kualitas yang akan diberikan kepada pengguna aplikasi agar meningkatkan kesuksesan layanan dari aplikasi SALINMAS.
.
 
Kata kunci: SALINMAS, Kesuksesan Layanan, Delone & McLean, SmartPLS
 

Subjek

SISTEM ANALISIS
 

Katalog

ANALISIS KESUKSESAN PENGGUNA LAYANAN APLIKASI SALINMAS MENGGUNAKAN METODE DELONE AND MCLEAN DI BANYUMAS - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 57p.: il.; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

META TRIANA NINGRUM
Perorangan
Sarah Astiti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Sistem Informasi - Kampus Purwokerto
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • ISH3L3 - MANAJEMEN LAYANAN

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini