Pengaruh Authenticity of Conversation, Perceived Enjoyment, Privacy Concerns, dan Service Quality Terhadap User Satisfaction Chatbot di Tokopedia - Dalam bentuk buku karya ilmiah

AISY AULIA

Informasi Dasar

12 kali
25.04.3882
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Transformasi digital mendorong e-commerce menghadirkan layanan cepat dan responsif, salah satunya melalui chatbot. Tokopedia memanfaatkan chatbot untuk meningkatkan efisiensi dan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi dengan platform.
     Meski demikian, kepuasan pengguna terhadap chatbot dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti keaslian percakapan (authenticity of conversation), kenyamanan penggunaan (perceived enjoyment), kekhawatiran privasi (privacy concerns), dan kualitas layanan (service quality). Faktor-faktor ini menentukan persepsi pengguna terhadap pengalaman interaksi.
     Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keempat faktor tersebut terhadap kepuasan pengguna chatbot Tokopedia. Penelitian menggunakan pendekatan Uses and Gratifications Theory dan metode kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner online kepada 110 pengguna chatbot Tokopedia berusia di atas 17 tahun dengan teknik purposive sampling.
     Instrumen telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis dilakukan menggunakan regresi linear berganda melalui SPSS 27 untuk melihat pengaruh masing-masing variabel secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan pengguna.
     Hasil penelitian menunjukkan bahwa authenticity of conversation, perceived enjoyment, dan service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap user satisfaction. Sebaliknya, privacy concerns tidak berpengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel berpengaruh signifikan dengan nilai R² sebesar 45,1%, menunjukkan pentingnya interaksi autentik, pengalaman menyenangkan, dan layanan berkualitas dalam membentuk kepuasan pengguna chatbot Tokopedia.
Kata kunci: Chatbot, Uses and Gratifications, Authenticity of Conversation, Perceived Enjoyment, Privacy Concerns, Service Quality, User Satisfaction.
 

 

Subjek

SERVICE MARKETING
 

Katalog

Pengaruh Authenticity of Conversation, Perceived Enjoyment, Privacy Concerns, dan Service Quality Terhadap User Satisfaction Chatbot di Tokopedia - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xiii, 115p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

AISY AULIA
Perorangan
R. Nurafni Rubiyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Administrasi Bisnis
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • DEK4CAA4 - TUGAS AKHIR

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini