ANALISIS FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA GRIMLOC RECORD STORE DENGAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah

FIRMAN HAKIKI

Informasi Dasar

41 kali
25.04.3910
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Grimloc Record Store merupakan salah satu usaha berbasis komunitas yang bergerak di bidang distribusi rilisan fisik, merchandise musik, dan produk budaya independen. Untuk menjaga keberlanjutan dan memperluas pangsa pasar di tengah perubahan perilaku konsumen, perusahaan perlu merumuskan strategi bisnis yang tepat dan relevan. Strategi tersebut penting untuk menjawab tantangan digitalisasi, perubahan pola konsumsi musik, serta meningkatnya kompetisi dari vendor lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang memengaruhi Grimloc Record Store serta menyusun alternatif strategi bisnis yang dapat diimplementasikan. Penelitian ini menggunakan metode kombinasi (mix method) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan kuesioner pembobotan kepada narasumber internal dan eksternal. Analisis data menggunakan Matriks IFE (Internal Factor Evaluation), Matriks EFE (External Factor Evaluation), Matriks SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, Threat), dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk menentukan strategi prioritas yang paling layak diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Grimloc memiliki skor IFE sebesar 2,99 dan skor EFE sebesar 3,25, yang menunjukkan bahwa perusahaan memiliki kekuatan internal yang cukup baik dan berada dalam lingkungan eksternal yang mendukung. Analisis SWOT menghasilkan berbagai strategi alternatif yang dikategorikan ke dalam strategi S-O, W-O, S-T, dan W-T. Strategi tersebut kemudian dianalisis lebih lanjut menggunakan QSPM. Berdasarkan hasil perhitungan QSPM, strategi prioritas yang terpilih adalah melakukan kolaborasi distribusi dengan brand-brand lokal di skena skate, clothing, dan social culture dengan nilai Total Attractiveness Score (TAS) tertinggi sebesar 9,98. Strategi ini dipilih karena dinilai paling efektif dalam memperluas distribusi, memperkuat identitas kolektif Grimloc, serta membangun sinergi lintas komunitas secara berkelanjutan.
Kata Kunci: Strategi Bisnis, SWOT, QSPM, Record Store, Industri Musik

Subjek

BUSINESS STRATEGY-MANAGEMENT
 

Katalog

ANALISIS FORMULASI STRATEGI BISNIS PADA GRIMLOC RECORD STORE DENGAN ANALISIS SWOT DAN MATRIKS QSPM - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xv, 205p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

FIRMAN HAKIKI
Perorangan
Farah Alfanur, Muhammad Iqbal Alamsyah
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Manajemen (Manajemen Bisnis Telekomunikasi & Informatika)
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini