Perpustakaan perguruan tinggi memiliki peran penting dalam menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai pusat informasi, pembelajaran dan riset. UPT Perpustakaan Maranatha menghadapi tantangan dalam memenuhi kebutuhan pengguna yang semakin dinamis, termasuk ruang kolaboratif, fleksibel dan berteknologi. Tujuan perancangan ulang ini adalah menciptakan lingkungan belajar yang mendukung digitalisasi koleksi, mempertegas zonasi dan sirkulasi serta menyediakan fasilitas dan furnitur sesuai aktivitas pengguna. Metode perancangan mencakup observasi, wawancara, kuesioner, studi literatur dan studi banding ke perpustakaan perguruan tinggi lain. Hasilnya adalah transformasi ruang dengan pendekatan Learning Commons yang mendukung pembelajaran aktif dan kolaboratif. Perubahan mencakup penataan ulang tata letak, penambahan area diskusi, baca individu, ruang kreatif serta integrasi teknologi seperti self-service area. Harapannya desain ini dapat meningkatkan kenyamanan, efisiensi ruang dan daya tarik perpustakaan sebagai pusat pembelajaran modern.