Sumber daya manusia merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi pendidikan yang berperan besar terhadap kelancaran operasional sekolah. Sekolah Islam Cendekia Muda terdiri dari beberapa unit pendidikan mulai dari TK hingga SMA yang masing-masing memiliki staf administrasi. Permasalahan yang ditemukan adalah ketidakseimbangan beban kerja staf administrasi di Sekolah Islam Cendekia Muda yang menimbulkan keterlambatan dalam penyelesaian tugas, seperti penginputan kuitansi, pengelolaan pengeluaran operasional unit, dan penyusunan laporan keuangan. Hal ini berdampak pada operasional sekolah, seperti keterlambatan dana kegiatan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis beban kerja staf administrasi di tiap unit sekolah menggunakan metode Full Time Equivalent (FTE) untuk menentukan kebutuhan tenaga kerja yang tepat. Metode ini melibatkan pengukuran waktu kerja efektif, penilaian faktor penyesuaian dengan Westinghouse Rating System, kelonggaran kerja, serta waktu baku untuk menghitung indeks FTE tiap staf. Hasil analisis menunjukkan bahwa staf administrasi pada unit TK dan SMP memiliki nilai FTE masing-masing sebesar 1,598 dan 1,575 yang tergolong overload, sehingga direkomendasikan penambahan masing-masing 1 staf. Sebaliknya, staf pada unit SD dan SMA memiliki nilai FTE di bawah 1,00 yang menunjukkan underload. Simulasi peningkatan jumlah siswa sebesar 20% menunjukkan bahwa beban kerja dapat dinormalisasi dengan redistribusi tugas, penambahan aktivitas rutin, dan penyesuaian jam kerja, sehingga seluruh staf berada dalam kategori beban kerja normal.
Kata Kunci – Analisis Beban Kerja, Full Time Equivalent, Human Resource Planning