Peran Micro-influencer sebagai Key Opinion Leader dalam Meningkatkan Brand Awareness Jiniso - Dalam bentuk buku karya ilmiah

MALYA RISA NISRINA

Informasi Dasar

106 kali
25.04.5290
000
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan pada strategi komunikasi pemasaran, khususnya dalam industri fashion lokal. Iklan konvensional semakin ditinggalkan dan brand kini beralih ke media sosial, memanfaatkan micro-influencer sebagai key opinion leader (KOL) untuk meningkatkan brand awareness. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik micro-influencer sebagai KOL dalam meningkatkan brand awareness Jiniso, sebuah brand fashion lokal di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan paradigma interpretif, melalui teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan observasi pada konten micro-influencer di platform TikTok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa micro-influencer Jiniso membangun kepercayaan audiens melalui konten yang autentik, komunikasi yang responsif, dan konsistensi dalam menyampaikan pesan brand secara personal. Kolaborasi antara Jiniso dan micro-influencer tidak hanya meningkatkan eksposur merek melalui strategi soft-selling dan storytelling, tetapi juga menciptakan customer engagement dan electronic word of mouth (e-WOM) yang efektif. Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa keberhasilan kampanye digital tidak hanya ditentukan oleh jangkauan, tetapi juga kualitas hubungan sosial dan emosional antara brand, influencer, dan audiens. Strategi komunikasi yang kolaboratif dan adaptif menjadi kunci utama dalam membangun loyalitas dan resonance brand, khususnya di kalangan Gen Z.

Kata Kunci- Brand Awareness, Jiniso, Key Opinion Leader, Komunikasi Digital, Micro-influencer.

Subjek

ILMU KOMUNIKASI
 

Katalog

Peran Micro-influencer sebagai Key Opinion Leader dalam Meningkatkan Brand Awareness Jiniso - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
xi, 61p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

MALYA RISA NISRINA
Perorangan
Ratih Hasanah Sudradjat
 

Penerbit

Universitas Telkom, S1 Ilmu Komunikasi
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • SK311093 - INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini