PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP ENGAGEMENT KONSUMEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Provider By. U Event Piala Futsal By.U Tahun 2025) - Dalam bentuk buku karya ilmiah

YOSEPH HARI WURANGIAN

Informasi Dasar

111 kali
25.06.573
658.872
Karya Ilmiah - TA (D3) - Reference

Pada era digital saat ini, media sosial telah menjadi salah satu sarana utama bagi perusahaan untuk berinteraksi dengan konsumennya. Fenomena tingginya penggunaan media sosial, khususnya Instagram yang memiliki sangat banyak pengguna di Indonesia, mendorong berbagai brand untuk memanfaatkan strategi pemasaran berbasis event marketing guna menciptakan pengalaman dan keterlibatan emosional yang mendalam. Provider By.U sebagai salah satu provider digital milik Telkomsel memanfaatkan peluang ini dengan menyelenggarakan Event Piala Futsal By.U 2025, yang bertujuan untuk meningkatkan engagement konsumen di Instagram melalui rangkaian kegiatan kompetisi, konten kreatif, dan interaksi digital.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden yang merupakan pengikut akun Instagram resmi Piala By.U serta peserta atau penonton event tersebut. Variabel independen yang diteliti adalah event marketing yang diukur melalui tujuh dimensi, yaitu involvement, interaction, immersion, intensity, individuality, innovation, dan integrity. Sedangkan engagement konsumen sebagai variabel dependen diukur melalui dimensi absorption, dedication, vigor, dan interaction. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh event marketing terhadap engagement konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa event marketing memiliki pengaruh signifikan terhadap engagement konsumen dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,466, yang berarti 46,6% variasi engagement konsumen dijelaskan oleh pelaksanaan event marketing Piala Futsal By.U. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi event marketing yang diterapkan oleh By.U efektif dalam meningkatkan engagement konsumen di Instagram, meskipun efektivitasnya bersifat kontekstual dan dapat bervariasi tergantung pada bentuk serta pelaksanaan event di masa mendatang.
 
Kata Kunci: Event Marketing, Engagement Konsumen, Media Sosial, Instagram, By.U

Subjek

DIGITAL MARKETING
 

Katalog

PENGARUH EVENT MARKETING TERHADAP ENGAGEMENT KONSUMEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Kasus Provider By. U Event Piala Futsal By.U Tahun 2025) - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
x, 47p.: il,; pdf file
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YOSEPH HARI WURANGIAN
Perorangan
Sampurno Wibowo
 

Penerbit

Universitas Telkom, D3 Manajemen Pemasaran
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

  • GFK3HAA4 - Tugas Akhir

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini