Perkembangan transformasi digital di sektor pendidikan mendorong perguruan tinggi untuk mengadopsi konsep Smart Classroom sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan pembelajaran yang lebih efektif, fleksibel, dan terintegrasi. Namun, penerapan Smart Classroom masih menghadapi berbagai tantangan, khususnya pada aspek tata kelola layanan teknologi informasi yang berkelanjutan dan selaras dengan kebutuhan institusi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang panduan teknis penerapan Smart Classroom dengan pendekatan pemetaan Framework ITIL V3 ke ITIL 4, guna mendukung pengelolaan layanan teknologi yang lebih modern, adaptif, dan berfokus pada nilai. Metode yang digunakan adalah pendekatan studi pustaka, analisis proses bisnis, serta validasi melalui studi kasus implementasi di lingkungan perguruan tinggi. Hasil penelitian menghasilkan kerangka kerja Smart Classroom terintegrasi berbasis pemetaan ITIL yang mendukung seluruh siklus layanan, mulai dari perencanaan, penyediaan layanan, pemantauan, hingga perbaikan berkelanjutan. Panduan ini menekankan integrasi teknologi, data, proses, dan manusia sebagai bagian dari ekosistem Internet of Everything (IoE) dalam mendukung pembelajaran hybrid maupun digital. Evaluasi implementasi menunjukkan peningkatan efektivitas layanan, efisiensi operasional, dan kepuasan pengguna terhadap layanan Smart Classroom. Panduan ini diharapkan dapat menjadi acuan praktis bagi institusi pendidikan dalam menerapkan Smart Classroom secara sistematis, terukur, dan selaras dengan standar tata kelola layanan TI yang berkelanjutan