ANALISIS POLA PERGERAKAN WISATAWAN DI YOGYAKARTA BERDASARKAN USER GENERATED CONTENT DENGAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MENDUKUNG STRATEGI SMART TOURISM DESTINATION MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah

SYARAFINA NURSHADRINA PUTRI

Informasi Dasar

26 kali
25.05.804
000
Karya Ilmiah - Thesis (S2) - Reference

Jumlah kunjungan wisatawan di Yogyakarta yang belum merata antar wilayahnya membutuhkan rancangan strategi pemasaran yang baru. Salah satu caranya yaitu dengan melakukan analisis pola pergerakan wisatawan di Yogyakarta berdasarkan user-generated content berupa data review. Data tersebut diperoleh dari Google Maps dengan review yang dibuat oleh wisatawan dengan minimal lebih dari satu destinasi. 

Data yang diperoleh akan diolah menggunakan metode Social Network Analysis (SNA) dengan fokus pada centrality dan pengujian hipotesis deskriptif. Analisis centrality berupa degree centrality untuk mengidentifikasi destinasi yang memiliki banyak koneksi dengan destinasi lain sehingga menunjukkan tingkat popularitasnya dan betweenness centrality untuk mengidentifikasi destinasi yang berperan sebagai penghubung atau titik transit dalam perjalanan wisata yang dilakukan wisatawan. Selain itu, analisis pengujian hipotesis deskriptif dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan jumlah kunjungan wisatawan yogyakarta ketika masa liburan dan bukan masa liburan. 

Melalui penelitian ini, pola pergerakan wisatawan dapat dipetakan untuk melihat jalur yang sering dilalui oleh wisatawan di Yogyakarta. Dengan begitu, hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan oleh pengelola pariwisata untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan relevan dengan mempertimbangkan jalur wisata populer dan titik transit utama. Selain itu, digunakan untuk dapat membantu dalam perbaikan aksesibilitas, infrastruktur, dan fasilitas di destinasi wisata sehingga dapat meningkatkan pengalaman wisatawan dan mampu mendorong pemerataan jumlah kunjungan antar destinasi di wilayah Yogyakarta. Dengan demikian, penelitian ini dapat memberikan kontribusi positif dalam mendukung smart tourism destination management di Yogyakarta. 

Kata Kunci: Pola Pergerakan Wisatawan, User-Generated Content, Google Maps, Social Network Analysis

Subjek

SOCIAL NETWORK
 

Katalog

ANALISIS POLA PERGERAKAN WISATAWAN DI YOGYAKARTA BERDASARKAN USER GENERATED CONTENT DENGAN METODE SOCIAL NETWORK ANALYSIS DALAM MENDUKUNG STRATEGI SMART TOURISM DESTINATION MANAGEMENT - Dalam bentuk buku karya ilmiah
 
 
 

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

SYARAFINA NURSHADRINA PUTRI
Perorangan
Andry Alamsyah, Maya Ariyanti
 

Penerbit

Universitas Telkom, S2 Manajemen
Bandung
2025

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini