Kemunculan media jejaring sosial telah menjadi fenomena di masyarakat. Seiring perkembangan jaman, jejaring sosial baru pun terus berdatangan. Salah satu jejaring sosial yang kini banyak digunakan adalah Path. Dilansir oleh www.tempo.com, pengguna Path di Indonesia merupakan jumlah terbanyak di dunia.
Penelitian yang berjudul “Motif Penggunaan Path Di Kalangan Mahasiswa Di Kota Bandung” bertujuan untuk mengetahui apa motif yang melatarbelakangi pengguna menggunakan jejaring sosial Path.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yang digunakan adalah fenomenologi. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui motif yang melatarbelakangi pengguna, interaksi pengguna, serta makna yang dibangun pengguna terhadap jejaring sosial Path. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara mendalam dan observasi.
Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa motif yang melatarbelakangi pengguna menggunakan Path berbeda-beda, yaitu motif privasi, eksistensi diri, pemanfaatan path dan imitasi. Selain itu interaksi yang terjalin antara pengguna dengan temannya bergantung pada tingkat kedekatan hubungan interpersonal mereka, serta terdapat dua makna yang dibangun pengguna terhadap Path yaitu sebagai media narsisme dan sebagai hiburan.
Kata Kunci: Path, Motif, Fenomenologi