Teknologi internet berkembang dengan cepat seiring dengan perkembangan kebutuhan manusia. Perkembangan inilah yang mempermudah penyebaran informasi tentang sebuah event. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan aktor yang paling berpengaruh dalam penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6 di media sosial Twitter dan perbandingan pola penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6.
Penelitian ini memanfaatkan big data dari media sosial Twitter yang diambil melalui Twitter API (Application Programming Interface). Data tersebut kemudian diolah dengan pendekatan Social Network Analysis. Software yang digunakan untuk menghitung dan memvisualisasikan hasil analisis adalah Gephi versi 0.8.2 untuk Windows. Perhitungan yang digunakan untuk menentukan aktor dihitung berdasarkan centrality yang terdiri dari degree, betweenness centrality, closeness centrality, dan eigenvector centrality. Data yang digunakan adalah semua tweet yang memuat kata “Braga Culinary Night” dan hastag #BragaCulinaryNight pada 2-11 Maret 2014 dan 20-29 April 2014.
Hasil penelitian menemukan bahwa Aktor yang paling berpengaruh adalah account ridwankamil sebagai Walikota Bandung dan sebagai pencetus ide event Braga Culinary Night. Pola penyebaran informasi event Braga Culinary Night ke-5 dan ke-6 mempunyai pola yang mirip. Perbedaan terletak pada account twitter yang terlibat interaksi dalam event Braga Culinary Night ke-5 lebih banyak dari event Braga Culinary Night ke-6.
Kata kunci: Social Network Analysis, Dissemination of Information, Centrality, Influential Actors
.